Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: Tantangan Sangat Berat, tapi RI Mampu Hadapi Krisis Global

Hal itu diungkapkannya dalam Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks DPR-MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sidang tahunan ini dihadiri para pejabat negara serta pihak dari DPD RI, DPR RI, dan MPR RI.

"Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian," kata Jokowi.

Ia mengatakan, perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit seiring dengan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih.

Namun, dunia tiba-tiba dihadapkan dengan meletusnya perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan menjadi tidak terhindarkan lagi.

Jokowi menyebut, 107 negara pun terdampak krisis, sebagian di antaranya bahkan diperkirakan jatuh bangkrut. Selain itu, diperkirakan 553 juta jiwa penduduk di dunia terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan," ungkapnya.

Kendati demikian, di tengah kondisi yang berat itu, Jokowi mengklaim Indonesia menjadi negara yang mampu bertahan. Ini setidaknya tercermin dari kemampuan RI mengendalikan pandemi Covid-19, dan menjadi lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia yaitu sebanyak 432 juta dosis.

Selain itu, inflasi juga dinilai berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka itu jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara- negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp 106 triliun. Pemerintah pun mampu memberikan subsidi energi mencapai Rp 502 triliun di 2022 ini, serta ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal II-2022.

Di sisi lain, kinerja neraca perdagangan Indonesia juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I- 2022 ini surplusnya mencapai sekitar Rp 364 triliun

"Di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," ucap Jokowi.

https://money.kompas.com/read/2022/08/16/111844326/jokowi-tantangan-sangat-berat-tapi-ri-mampu-hadapi-krisis-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke