Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng Microsoft, ROC9.id Bangun Ketahanan Digital yang Inklusif di Indonesia

Fasilitas  tersebut merupakan layanan komputasi awan (cloud) yang dapat membantu pelanggan dalam membangun dan menjalankan aplikasi bisnis serta sistem digital lainnya dengan fleksibel dan aman, guna mendukung ketahanan digital yang inklusif di Indonesia.

Dalam kegiatan operasionalnya, ROC9 menggandeng Microsoft untuk menyediakan layanan cloud di Indonesia.

Kerja sama tersebut didukung oleh solusi Azure Hybrid Cloud bagi berbagai segmen usaha, mulai dari korporasi, pemerintahan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga startup.

Bahkan, di dalamnya meliputi solusi hybrid cloud yang dapat menggabungkan infrastruktur on-premise pemilik usaha, layanan cloud ROC9, dengan public cloud Azure dari Microsoft.

“Saat ini, cloud telah menjadi pusat transformasi digital yang membantu setiap organisasi dan institusi untuk tetap inovatif serta kompetitif,” ujar Founder dan CEO Nawatech sekaligus Founder ROC9, Arfan Arlanda dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya juga ingin menegaskan dukunngan terhadap ketahanan digital inklusif di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, yaitu ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

“Dukungan kami, salah satunya melalui ketersediaan akses layanan cloud yang terbuka untuk berbagai segmen dan industri, termasuk UMKM,” tambahnya.

Ia turut memaparkan bahwa pihaknya memahami bahwa UMKM berkontribusi 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sementara jumlah startup dalam negeri mencapai lebih dari 2.400.

Data tersebut didapatnya dari publikasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada Maret 2021 dan data startupranking.com.

Sebagai informasi, IDCloudHost adalah perusahaan cloud dan hosting yang sudah dipercaya oleh lebih dari 200.000 pelanggan di Indonesia.

“Bersama Nawatech yang telah berpengalaman sebagai cloud sistem integrator, dan juga didukung oleh Microsoft Azure sebagai cloud platform dengan reputasi inovasi dan fondasi keamanan yang kuat, kami bekerja sama untuk membangun ROC9,” sambung CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna.

Ia menambahkan bahwa saat ini merupakan momentum penting bagi pihaknya dalam memperkuat kontribusi terhadap ketahanan digital di berbagai sektor dan industri di Indonesia.

Bagi sejumlah pihak, cloud kerap masih diasosiasikan dengan perusahaan berskala besar. Padahal, cloud merupakan teknologi yang inklusif dan fleksibel bagi semua.

Penggunaan cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan institusi, termasuk yang berskala mikro, kecil, serta menengah.

Bahkan, organisasi atau institusi yang masih berada dalam tahap eksplorasi cloud sehingga ingin menggabungkannya dengan infrastruktur on-premise yang telah ada, hal tersebut dapat dilakukan melalui hybrid cloud.

“Berdasarkan sebuah survei yang kami lakukan kepada lebih dari 500 responden, 95 persen menyatakan bahwa strategi hybrid cloud penting bagi kesuksesan bisnis. Kami percaya tren yang sama juga berlaku bagi UMKM dan startup yang merupakan penggerak ekonomi digital Indonesia,” tutur Country Lead – Azure GTM Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono.

Karena itu, lanjut Fiki, pihaknya senang menyambut kehadiran ROC9 yang dapat membantu mewujudkan visi hybrid Microsoft di Indonesia, yakni memberdayakan dan mendampingi Indonesia, termasuk UMKM dan startup dalam negeri, untuk mempercepat transformasi digital.

“Hal tersebut penting dilakukan untuk menciptakan ketahanan digital di Indonesia, yang selanjutnya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif dan mendorong kemajuan sosial ekonomi,” paparnya

Sebagai layanan cloud, ROC9 memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, dengan infrastruktur cloud yang dibangun di beberapa lokasi di Indonesia dan layanan hybrid cloud yang disediakan, layanan cloud dari ROC9 akan selalu tersedia bagi sektor korporasi, pemerintahan, edukasi, dan UMKM yang membutuhkan.

Kedua, memiliki kontinum lengkap, mulai dari on-premises, multi-cloud, edge, hingga disconnected scenarios, sehingga mendorong terjadinya inovasi di mana pun dan kapan pun.

Ketiga, memiliki keamanan siber. Adanya notifikasi berkala terhadap patch atau upgrade keamanan yang harus dilakukan, serta pengaturan keamanan secara default yang membantu memastikan pelanggan dilindungi dengan keamanan dasarnya–terutama Autentikasi Multifaktor dan protokol autentikasi modern– terlepas dari lisensi cloud yang diambil.

Terakhir, memiliki layanan yang terkelola. ROC9 menyediakan layanan pengelolaan teknologi informasi (TI) dan cloud yang lengkap, seperti layanan konsultasi, migrasi aplikasi, support, hingga layanan cyber-security untuk memberikan kemudahan bagi semua pelanggan.

https://money.kompas.com/read/2022/08/17/101100026/gandeng-microsoft-roc9.id-bangun-ketahanan-digital-yang-inklusif-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke