Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI Klaim Rupiah Termasuk Mata Uang Paling Stabil di Dunia

Oleh karenanya, BI mengaku akan senantiasa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah untuk menjaga inflasi tetap rendah dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami terus lakukan stabilisasi nilai tukar rupiah dan alhamdulillah nilai tukar rupiah kita termasuk yang paling stabil di dunia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan juga pengendalian inflasi," ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Langkah dan upaya BI untuk menjaga tingkat inflasi ialah dengan mengarahkan kebijakan moneternya untuk menjaga stabilitas nilai tukar.

"Kami juga mengelola likuiditas cukup dan untuk sementara ini kami masih bisa mempertahankan suku bunga rendah 3,5 persen," kata dia.

Sementara itu, BI mengarahkan kebijakan makroprudensialnya seperti sistem pembayaran, pasar yang, UMKM, hingga ekonomi keuangan syariah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana diketahui, tingkat inflasi harus dijaga agar daya beli masyarakat tidak tergerus sehingga pertumbuhan ekonomi nasional akan tetap berlanjut.

"BI terus akan mengarahkan kebijakan-kebijakan kami untuk memastikan stabilitas inflasi, stabilitas nilai tukar bersama mendorong pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/161500026/gubernur-bi-klaim-rupiah-termasuk-mata-uang-paling-stabil-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke