Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airlangga Proyeksi Inflasi 2022 Capai 4,8 Persen

Perkiraan laju inflasi itu didorong oleh realisasi inflasi hingga paruh kedua 2022. Tercatat, per Juli 2022 inflasi nasional mencapai 4,94 persen (year on year/yoy).

Menurut dia, ada beberapa tantangan yang menyebabkan laju inflasi di paruh kedua naik. Mulai dari lonjakan harga komoditas global, cuaca, hingga terganggunya produksi pertanian yang terjadi di beberapa daerah.

"Pengendalian inflasi menghadapi tantangan, sehingga mendorong laju inflasi 2022 di kisaran 4,4 persen-4,8 persen (yoy)," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Kendati demikian, ia memastikan, pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan inflasi. Ia bilang, saat ini harga pangan sudah relatif stabil, bahkan sejumlah komoditas pangan sudah menunjukkan penurunan harga.

Ada komoditas beras, daging sapi, daging ayam, gula pasir, bawang merah, bawang putih, hingga cabai merah yang disebut Airlangga sudah mulai mengalami penurunan harga.

"Harga daging ayam sudah di bawah Rp 20.000, itu malah terlalu rendah. Jadi kami melihat segi inflasi komponen bergejolak atau volotaile food sudah relatif terkendali dibandingkan (Lebaran) kemarin terjadi kenaikan permintaan," jelas dia.

Di sisi lain, ia mengakui, secara spasial terdapat 30 provinsi yang realisasi inflasinya di atas nasional. Airlangga menyebut, perlunya memperkuat sinergi antara tim pengendali inflasi pusat dengan daerah guna menjaga ketersediaan pasokan dan menstabilkan harga.

"Secara spasial 30 provinsi realisasinya di atas nasional, oleh karena itu ini perlu menjadi perhatian para gubernur untuk ikut menjaga dengan melakukan extra effort agar stabilisasi harga dapat dijaga," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/181300326/airlangga-proyeksi-inflasi-2022-capai-48-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke