Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaker Dorong Pelaku UMKM Perempuan Beralih ke Ekosistem Digital

Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya di acara Pemberian Bantuan Modal untuk UMKM menuturkan, berbicara tentang UMKM tentu juga bersinggungan erat dengan pengusaha dan tenaga kerja perempuan. Dia bilang, 50 persen pengusaha yang menjalankan UMKM adalah perempuan.

"Data telah menunjukkan bahwa persentase perempuan yang bekerja di sektor informal khususnya pada UMKM sangatlah besar, jadi UMKM juga berperan penting dalam hal menyerap sebagian besar tenaga kerja perempuan yang ada di Indonesia," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut kata Ida, saat Pidato Kenegaraan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus terhadap UMKM sebagai salah satu agenda besar Indonesia Maju.

"Beliau sangat ingin agar UMKM bisa naik kelas atau mampu mengikuti jejak perusahaan-perusahaan rintisan yang akhirnya berkembang jadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang besar. Salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan mempercepat upaya digitalisasi agar UMKM dapat bersaing di era revolusi digital. Termasuk dengan menjadi bagian dari rantai pasok global," tuturnya.

Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM akan masuk dalam ekosistem digital pada 2024. Supaya UMKM naik kelas, pemerintah telah memberikan banyak bantuan dan kemudahan permodalan melalui berbagai skema, mulai dari pinjaman murah, subsidi bunga, insentif pajak, hingga penjaminan modal.

"Dari Kemenaker sendiri untuk membantu UMKM agar bisa naik kelas di era digital, Kami terus menggenjot pelatihan untuk peningkatan kompetensi dan produktivitas pekerja. Banyak jurusan pelatihan yang kami miliki merupakan jurusan yang menunjang kompetensi bagi pekerja perempuan di sektor UMKM," ujarnya Menaker.

Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang digagas Kemenaker, kata Ida, berusaha menciptakan embrio usaha mikro yang diharapkan dapat tumbuh dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pada 2021, pihaknya telah mengucurkan bantuan TKM ke 100.000 lebih penerima manfaat. Pada tahun ini dengan jumlah yang sama akan diluncurkan bantuan TKM dalam beberapa waktu ke depan melalui bizhub.kemnaker.go.id.

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/213036826/menaker-dorong-pelaku-umkm-perempuan-beralih-ke-ekosistem-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke