Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KUR Pertanian Bantu Petani Penuhi Kebutuhan Alsintan dan Tingkatkan Produktivitas

KOMPAS.com - Manfaat program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian semakin dirasakan oleh kelompok petani di Tanah Air. Selain meningkatkan kesejahteraan perekonomian para petani, program KUR Pertanian juga dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sendiri mengajak para petani memanfaatkan KUR Pertanian untuk mengembangkan budidaya dan usaha tani, serta membeli alat mesin pertanian (alsintan) untuk mendukung produktivitas.

"Mekanisasi pertanian adalah salah satu program yang memang didorong agar petani dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dalam meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Pembelian alsintan bisa dilakukan salah satunya dengan mengakses KUR Pertanian," kata Syahrul melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Sebagai informasi, serapan KUR Pertanian per 19 Agustus 2022 telah mencapai Rp 70,3 triliun dari total anggaran Rp 90 triliun.

Adapun serapan dana KUR Pertanian paling banyak dimanfaatkan untuk membeli alsintan yakni sebesar Rp 916 miliar. Terdapat 20.948 debitur yang memanfaatkan KUR Pertanian untuk membeli alsintan, seperti combine harvester, cultivator, dan dryer.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementan Ali Jamil menegaskan bahwa alsintan merupakan salah satu sarana pertanian yang memang mampu meningkatkan produktivitas hasil tani.

Dengan menggunakan alsintan, petani dapat menekan kerugian hasil panen (losses) sehingga memperoleh hasil pertanian yang lebih optimal.

"Dengan menggunakan alsintan, produktivitas padi petani semakin meningkat tajam. Hal itu berkontribusi terhadap pencapaian swasembada pangan yang diraih pemerintah (Indonesia) selama tiga tahun berturut-turut dari International Rice Research Institute (IRRI)," ujar Ali.

Ali menambahkan, mekanisasi sektor pertanian di era revolusi industri 4.0 merupakan sebuah keharusan. Para petani diharapkan dapat memanfaatkan teknologi alsintan agar dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas hasil tani.

"Kementan terus berkomitmen mendorong agar sektor pertanian bergerak ke arah yang maju, mandiri, dan modern. Tentunya hal ini dimaksudkan agar petani dapat dengan baik mengembangkan budidaya pertanian sekaligus usaha tani mereka," imbuh Ali.

Senada dengan Ali, Pelaksana Tugas Direktur Alsintan Ditjen PSP Kementan, Rahmanto, mengungkapkan ada banyak manfaat yang dapat diperoleh jika petani memanfaatkan alsintan dalam mengembangkan budidaya dan usaha tani mereka.

Salah satu manfaat alsintan adalah efisiensi waktu dan biaya. Dengan alsintan, menurut dia, proses pengolahan lahan dapat dilakukan hanya dalam hitungan jam. Durasi ini jauh lebih singkat dibandingkan proses pengolahan dengan cara konvensional yang memerlukan waktu berhari-hari.

"Tentu ini dapat mempercepat masa tanam sehingga indeks pertanaman petani pun dapat ditingkatkan. Selain itu, alsintan juga menghemat biaya yang dikeluarkan petani karena tak memerlukan tenaga yang banyak dalam mengolah lahan pertanian," ujar Rahmanto.

https://money.kompas.com/read/2022/08/21/163717126/kur-pertanian-bantu-petani-penuhi-kebutuhan-alsintan-dan-tingkatkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke