Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum IPO, Bio Farma Akan "Spin Off" Anak Usaha Bidang Manufaktur

“Yang kita spin off adalah (anak usaha) manufakturnya. Bio Farma ini kan selain sebagai holding juga sebagai produsen vaksin. Ada operating-nya, kan punya pabrik vaksin. Pabriknya yang kita spin off,” ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir di acara Ngobrol Pagi (Ngopi) Bareng BUMN di Kementerian BUMN, Senin (22/8/2022).

Honesti mengungkapkan, setelah membuat holding, pihaknya akan mulai melakukan unlock value. Namun ia belum memastikan apakah IPO akan dilakukan tahun 2023 atau tidak, mengingat tahun depan Indonesia akan memasuki event besar, Pemilu.

“Kita liat lah tahun depan ini kan persiapan pemilu. Kita wait and see juga kan, karena kalau lagi election itu invest-nya kan wait and see, nah wait and see ini kemana larinya. Kita lihatlah nanti paling besar potensial gain-nya dimana,” ungkap dia.

Honesti mengungkapkan, anak usaha Bio Farma seperti Kimia Farma (KAEF) dan Indo Farma (INAF) sudah terlebih dahulu menjadi perusahaan tercatat. Ia mengatakan, ada arahan dari Kementerian BUMN untuk melakukan unlock untuk perusahaan dengan kategori vaksin.

“Cerita sekarang kita unlock Bio Farma. Unlock Bio Farma, bukan unlock holdingnya, tapi Bio Farma kan fungsing dua, sebagi holding dan sebagai operating manufacturing vaksin. Kategori vaksin ini harus kita unlock,” lanjutnya.

Dengan melakukan spin off, Honesti menyebut akan menjadi satu perseroan terbatas (PT) baru dan menjadi satu cangkang anak perusahaan Bio Farma.

“Sehingga tidak ada lagi aktivitas di sana. Stukturnya nanti IPO juga akan kita lihat timing-nya, karena tahun depan banyak aktivitas,”tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/22/152500826/sebelum-ipo-bio-farma-akan-spin-off-anak-usaha-bidang-manufaktur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke