Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ajakan Bahlil ke Wisudawan UGM: Kalau Tak Jadi Pengusaha, Siap-siap Asing Isi Negara Kita

Ajakan tersebut dia sampaikan ketika menjadi pembicara dalam Pembekalan Calon Wisudawan Program Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada (UGM), di Yogyakarta, Selasa (23/8/2022).

"Saya minta adik-adik jadi pengusaha, bukan tanpa alasan. Indonesia menjadi salah satu negara tujuan investasi yang paling stabil dibandingkan negara anggota G20. Kalau kita tidak siap mengisi ini, siap-siap asing yang akan mengisi negara kita," ujarnya melalui siaran pers dikutip Rabu (24/8/2022).

Bahlil pun menggambarkan tentang potret investasi di Indonesia saat ini, di mana tahun 2021 lalu capaian realisasi investasi mencapai Rp 901 triliun, melebihi target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Investasi/BKPM. Realisasi investasi tersebut berhasil menyerap 1.207.893 tenaga kerja.

Selain itu, Bahlil menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II 2022 ini tercatat tumbuh sebesar 5,44 persen dibandingkan periode yang sama 2021. Data ini menggambarkan kondisi perekonomian Indonesia yang cukup terkendali di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini.

Ova Emilia selaku Rektor UGM mengucapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Menteri Investasi dalam pembekalan calon wisudawan program sarjana dan diploma UGM. Sebanyak 2.552 calon wisudawan program sarana dan diploma periode ke-IV tahun akademik 2021/2022 hadir dalam kegiatan ini.

"Harapannya diskusi ini bisa membangun wawasan para calon alumni sebagai generasi muda yang memegang peran penting dalam inovasi dan pengembangan usaha untuk bisa bersaing di kancah global," ujar Ova.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan kerja sama antara Kementerian Investasi/BKPM dengan UGM melalui penandatangan nota kesepahaman.

Ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani kedua pihak tersebut, mencakup pendidikan dan pelatihan, penelitian dan kajian bersama terkait perencanaan, kebijakan dan peraturan penanaman modal, serta kemudahan berusaha, seminar dan publikasi bersama, dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.

https://money.kompas.com/read/2022/08/24/124638226/ajakan-bahlil-ke-wisudawan-ugm-kalau-tak-jadi-pengusaha-siap-siap-asing-isi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke