Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Ajak Santri Ciptakan Ekonomi Kreatif Berbasis Pesantren Lewat Fotografi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak para santri untuk beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dalam menciptakan dekonomi kreatif berbasis pesantren.

Hal ini dia katakan saat menghadiri pameran fotografi santri di pesantren Ruhama Al Fajar, Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat. 

"Inilah kebangkitan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren yang menjadi lokomotif dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini. Sehingga diperlukan peluang usaha seperti agro wisata maupun agro farming dengan memberikan fasilitas kamera, studio, dan program pelatihan pendampingan santri digitalpreuneur yang sedang kami jalankan," ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022).

Sandiaga mengapresiasi semangat para guru pesantren dalam menghadapi era industri 4.0 yang serba digital. Menurut dia, perlu diciptakan terobosan bahwa santri Indonesia mampu memenangkan persaingan global dengan menghasilkan karyanya melalui fotografi.

"Saya melihat pesantren ini memiliki pendekatan antara santri dengan para ustadz maupun ustadzah dalam membangun wawasan fotografi mengenai peluang usaha persaingan global dengan menghasilkan karya-karya terbaik," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, Awaludin Arif selaku guru foto di pesantren terbut menyampaikan, apresiasi yang diberikan Sandiaga membuat santri dapat memiliki kesempatan yang sama dalam menciptakan peluang usaha.

"Apresiasi yang menarik dari Pak Menteri mengenai seni dan budaya menjadikan semangat bahwa fotografi itu menjadi nilai dimata santri. Ini merupakan sebuah momentum yang menarik artinya peluang-peluang ini para santri dapat memiliki kesempatan yang sama," ujar Awaludin.

Awaludin mengakui santrinya telah mendapatkan tawaran pekerjaan fotografer. Ia pun berharap adanya pameran ini dapat membangkitkan santri digitalpreuneur yang bisa membawa manfaat nyata bagi Indonesia.

"Santri disini sudah ada yang menerima pekerjaan fotografer. Dengan ini saya berharap digitalpreuneur melalui fotografi ini dapat membangkitkan jiwa kewirausaan para santri," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/25/141500126/sandiaga-uno-ajak-santri-ciptakan-ekonomi-kreatif-berbasis-pesantren-lewat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke