Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kini Konsumen Ramayana Bisa Belanja Pakai "Paylater" dari Kredivo

Konsumen hanya perlu mendaftar akun Kredivo dan menunggu pengajuan kredit disetujui untuk mendapatkan plafon pinjaman. Kemudian pembayaran akan dikurangi dari limit kredit tersebut.

Hal ini setelah kedua belah pihak berkolaborasi untuk memperluas akses layanan keuangan digital di kota tier 2 atau kota rising urbanites dan kota tier 3 atau kota slow adapters.

Head of Loyalty Program and Merchant Acquisition Division Ramayana Alexander A. Tumbel mengatakan, pihaknya melihat kota-kota tier 2 dan 3 ini mulai bergeliat mengikuti kota tier 1 metropolitan.

Menurutnya, ini didukung oleh semakin luasnya infrastruktur penunjang yang memudahkan masyarakat kota tier 2 dan 3 mulai mencoba bertransaksi secara digital, seperti menggunakan layanan kredit online atau paylater.

"Jadi pergerakan-pergerakan ini bukan hanya dikonsumsi oleh kota-kota maju saja. Inilah yang bikin kenapa Ramayana kok pengen masuk ke tier 2 dan 3 yang sebenarnya di tier 1 pun masih banyak kesempatan untuk berdagang," ujarnya saat konferensi pers virtual, Kamis (25/8/2022).

Dia menjelaskan, saat ini porsi konsumen yang menggunakan kartu kredit dan perbankan di Ramayana hanya 20 persen dan 80 persen sisanya masih bertahan menggunakan pembayaran tunai.

"Tapi kalau dari sisi pembayaran elektronik, e-wallet, atau sejenis paylater ini masih di bawah 1 persen," kata dia.

Melihat potensi tersebut, Ramayana pun menggandeng Kredivo untuk menyediakan layanan pembayaran kredit secara digital bagi para konsumennya.

"Integrasi online dan offline jadi kunci, dan kami sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti paylater," ungkap Alexander.


Dorong inklusi keuangan kota tier 2 dan 3

Pada kesempatan yang sama, VP Marketing and Communications Kredivo Indina Andamari menambahkan, kolaborasi dengan Ramayana ini merupakan upaya Kredivo untuk meningkatkan inklusi keuangan di kota tier 2 dan 3.

Dengan menggunakan Kredivo, konsumen Ramayana dapat memilih tenor pembayaran sesuai keinginannya, yaitu 1 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Menurut Indina, selama beberapa tahun ke belakang pertumbuhan pengguna paylater sangat berkembang. Namun tidak hanya tumbuh, pengguna paylater ini juha merata mulai dair kota -kota besar hingga ke kota kecil.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan pengguna Kredivo di kota tier 2 dan 3 pada Semester I 2022 sebesar 52 persen dibandingkan Semester I pada tahun lalu.

"Itu kan sudah terakselerasi juga oleh pandemi kemarin sehingga masyarakat yang di kota-kota tier 2 dan 3 ini sebenarnya sudah familiar mengadopsi teknologi atau layanan digital, termasuk layanan keuangan digital," ucap Indina.

Kredivo menggandeng Ramayana lantaran perusahaan ritel fashion ini sudah memiliki reputasi dan jaringan yang kuat di kota-kota tier 2 dan 3.

"Sekarang orang-orang sudah mulai kembali lagi ke offline, ke toko-toko untuk berbelanja. Jadi itu yang kita harapkan bisa meningkatkan lagi mengembalikan lagi kepercayaan konsumen menyatukan kekuatan antara yang online dengan yang offline," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/25/211500526/kini-konsumen-ramayana-bisa-belanja-pakai-paylater-dari-kredivo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke