Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Cara Amazon Web Services Pastikan Keamanan Data Penggunanya

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto mengatakan, bisnis komputasi awan (cloud computing) merupakan bisnis yang sangat tergantung pada kepercayaan.

"Sejak awal kami sudah mendesain sistem keamanan dengan adanya ahli yang mengawasi 24 kali 7 sistem komputasi awan, cloud platform, dan data kami," kata dia dalam wawancara khusus dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, selain melakukan investasi keamanan pada teknologi, pihaknya juga menyediakan layanan sistem keamanan.

"Saat ini sudah ada 100 layanan service untuk security agar customer pengguna AWS bisa mengenkripsi datanya baik pada saat disimpan atau saat transfer," jelas dia.

Selain itu, untuk menjamin layanan keamanannya benar-benar terpercaya, AWS memiliki sistem audit complience tools. Tujuannya, agar perusahaan dapat secara berkala melakukan pengecekan.

"Misalnya, yang punya akses kontrol siapa, dikasih akses kontrol ke mana, terus siapa yang nulis, siapa yang change program, itu bisa dilihat, tools-nya bisa dinyalakan," kata dia.

Untuk mendukung itu, AWS juga melakukan pelatihan kepada perusahaan pengguna layanan AWS agar dapat memanfaatkan sistem keamanan yang telah diberikan.

Gunawan menegaskan, konsumen merupakan pihak yang memiliki hak atas data-datanya. Dengan begitu, mereka harus bisa melihat datanya sendiri tanpa intervensi dari pihak AWS.

Di luar itu, AWS juga sudah melakukan sertifikasi compliance third party.

"Di situ sudah lebih dari 98 security certification and compliance yang kami punya termasuk misalnya ISO 270001, ISO 270017 dan 270018, dan General Data Protection Regulation (GDPR) itu wajib," jelas dia.

Gunawan menyebut, banyak perusahaan yang datang ke AWS untuk memanfaatkan layanan keamanan yang telah dibangun perusahaannya.

https://money.kompas.com/read/2022/08/29/173000626/ini-cara-amazon-web-services-pastikan-keamanan-data-penggunanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke