Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menperin: Kenaikan Harga Pertalite Tidak Berdampak Signifikan ke Sektor Industri Manufaktur

Menurut Agus berdasarkan data yang dimilikinya, pengeluaran IBS (Industri Besar, Sedang) untuk bahan bakar dan pelumas pada tahun 2019 mencapai Rp 58,7 Triliun dan berperan sebesar 1,3 persen terhadap total biaya produksi.

Ia mengatakan jika menggunakan angka 2019 untuk memproyeksi angka tahun 2021 dengan asumsi pertumbuhan sebesar 5 persen, pengeluaran bahan bakar dan pelumas mencapai Rp 60 triliun.

"Dengan angka tersebut, saya berpendapat bahwa secara umum kenaikan pertalite tidak berdampak siginifikan terhadap sektor industri manufaktur tetapi tentu akan berdampak sedikit pada karyawan pengguna pertalite," kata Agus dalam Rakerkonas Apindo ke-32 secara virtual, Selasa (30/8/2022).

Agus mengatakan sektor industri akan terdampak langsung jika harga Solar yang naik. Kenaikan harga solar, kata dia, akan meningkatkan variabel biaya logistik dan kenaikan harga produk dengan kenaikan harga sekitar 10-15 persen.

"Selain itu, dalam rangka meningkatkan daya saing industri dalam negeri, kami juga tengah memperjuangkan perluasan penerima Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk Industri. Kebijakan HGBT telah terbukti mampu memperkuat resiliensi dan daya saing industri pengguna gas," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada kemungkinan Presiden Jokowi bakal mengumumkan kenaikan harga BBM.

Sinyal kenaikan BBM ini telah diungkapkan oleh sejumlah menteri, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Menurut pemerintah, kenaikan BBM ini perlu dilakukan lantaran beban APBN menanggung subsidi energi yang mencapai Rp 502,4 triliun pada tahun ini.

Jika harga BBM subsidi tidak dinaikkan, beban anggaran subsidi energi bisa tembus Rp 600 triliun. Sementara itu, PT Pertamina (Persero) terus gencar menyosialisasikan penerapan MyPertamina agar BBM pertalite dan solar bisa diperuntukkan bagi masyarakat yang berhak menerima.

https://money.kompas.com/read/2022/08/30/150500926/menperin--kenaikan-harga-pertalite-tidak-berdampak-signifikan-ke-sektor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke