Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Menguat di Kurs Tengah BI, Stagnan di Pasar Spot

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat pada sesi perdagangan Rabu (31/8/2022). Mengacu kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada pada level Rp 14.853 per dollar AS pada Rabu hari ini, menguat dari posisi Selasa (30/8/2022) sebesar Rp 14.875 per dollar AS.

Sementara itu, di pasar spot nilai tukar rupiah ditutup tidak bergerak dari posisi kemarin. Sejak pembukaan perdagangan, nilai tukar rupiah di pasar spot terpantau bergerak variatif.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, nilai tukar uang Garuda terhadap dollar AS ditutup pada level Rp 14.843 per dollar AS, sama dengan penutupan Selasa kemarin. Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak pada rentang Rp 14.834 - Rp 14.860.

Indeks dollar AS terpantau melemah terhadap sebagian besar mata uang Asia lain, mulai dari yen Jepang, dollar Hong Kong, dollar Singapura, won Korea Selatan, peso Filipina, rupee India, yuan China, ringgit Malaysia, hingga baht Thailand.

Nilai tukar rupiah di pasar spot yang tidak mampu menguat disebabkan oleh kekhawatiran investor terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Inflasi yang berpotensi melesat seiring dengan semakin kuatnya wacana kenaikan harga BBM subsidi tengah menjadi sorotan investor.

"Semua pihak tetap waspada dengan adanya awan tebal dan gelap bagi ekonomi Indonesia," ujar Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi,dalam risetnya, Rabu.

Selain itu, Ibrahim menyebutkan, rentetan kejadian global seperti pengetatan moneter yang agresif hingga pelemahan ekonomi di negara maju juga menjadi sentimen negatif bagi pergerakan rupiah hari ini. Sebab, berbagai peristiwa tersebut berpotensi menimbulkan dampak rembetan ke berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah," ucap Ibrahim.

https://money.kompas.com/read/2022/08/31/160018226/rupiah-menguat-di-kurs-tengah-bi-stagnan-di-pasar-spot

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke