Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Kebutuhan Mulai Naik, 3 Tips Sandiaga Uno dalam Menghadapi Inflasi

“Belajar dari pengalaman saya, selama menagarungi karir profersional di dunia usaha serta di pemerintahan, kita harus menyikapinya dengan, pertama fokus mengelola cost atau biaya kita,” kata Sandiaga, mengutip Instagram @sandiuno, Kamis (31/9/2022).

Sandiaga Uno menambahkan, ada banyak pertanyaan masyarakat pelaku usaha ekonomi kreatif, bagaimana menyikapi harga-harga yang mulai meningkat.

Menurutnya, dengan mengelola cost secara bijak, dan menetapkan skala prioritas, merupakan "jurus" jitu dalam menghadapi konsidi saat ini.

“Fokus untuk mengelola cost (biaya) kita, dengan berbelanja hanya yang penting-penting saja, dengan harga yang paling efisien, konsepnya, be a cost leader,” lanjut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kedua, yang dilakukan adalah dengan mendiversifikasi sumber pasokan. Dengan begitu, maka pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, dengan suplai yang lebih andal.

“Kalau dulu kita dapat pasokan 1,2, atau 3 dari pemasok. Kita harus perluas pasokan kita supaya kita bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan juga lebih andal,” tambahnya.

Hal yang tidak kalah penting, adalah dengan menguatkan posisi keuangan. Hal ini mencakup bagaimana cara menjaga arus keuangan agar tidak terganggu, seperti kepanikan yang umumnya terjadi saat harga naik, sehingga melakukan panic buying.

“Cash is king, dalam keadaan inflasi saat ini, kita harus bisa menjaga arus kas kita agar usaha kita tidak terganggu dan tidak perlu panik, dengan perencanaan yang baik. Jadi, tiga tips, be a cost leader, diversifikasi sumber pasokan, dan kuatkan keuangan, untuk menghadapi ancaman inflasi yang kita hadapi,” kata Sandiaga Uno.

https://money.kompas.com/read/2022/09/01/124000826/harga-kebutuhan-mulai-naik-3-tips-sandiaga-uno-dalam-menghadapi-inflasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke