Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenpan-RB: Perlu Terobosan dalam Transformasi Manajemen ASN

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni mengatakan, transformasi tidak bisa dilakukan jika ASN masih bekerja secara biasa atau business as usual.

“Silakan bereksperimen. Perlu dilakukan terobosan dalam melakukan transformasi menyeluruh manajemen ASN menuju ASN yang profesional, berkelas dunia, dan berbasis digital,” katanya dalam siaran pers Kementerian PANRB, Jumat (2/9/2022).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Komisi ASN (KASN) sedang menyamakan persepsi mengenai transformasi manajemen ASN.

Transformasi ini juga meliputi penguatan talent management, perancangan ulang konsep jabatan yang berorientasi kepada pekerjaan masa depan, serta perbaikan sistem perencanaan ASN termasuk sistem rekrutmennya.

Transformasi holistik membutuhkan dukungan teknologi yang memadai. Sebab tidak mungkin dilakukan secara manual untuk menjangkau sekitar 4,2 juta ASN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, transformasi juga dinilai perlu diiringi oleh kesejahteraan ASN. Tujuan utama manajemen ini adalah meningkatkan motivasi dan mendorong peningkatan kinerja ASN dalam mencapai tujuan pembangunan.

Tujuan kedua adalah menyeimbangkan kesejahteraan ASN dengan kemampuan fiskal. Sedangkan tujuan ketiga adalah memisahkan ASN yang profesional dan kurang profesional, serta menarik minat targeted talent.

Kata Alex, saat ini sedang diusulkan platform tunggal bidang kepegawaian. Aplikasi itu nantinya dipakai sebagai aplikasi umum berbagi pakai yang bisa diakses oleh banyak instansi atau unit kerja.

“Platform tunggal ini menjadi wadah kolaborasi berbasis digital bagi ASN untuk memperoleh layanan kepegawaian dan penerapan human capital dalam ekosistem digital,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/09/02/210000326/kemenpan-rb--perlu-terobosan-dalam-transformasi-manajemen-asn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke