Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Naik, Ini Pendorongnya

Kenaiakan harga emas hitam ini didorong keputusan Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya atau OPEC+ untuk memangkas produksi pada Oktober 2022.

Mengutio Bloomberg, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 2,2 persen menjadi 89,08 dollar AS per barrel, dan harga minyak Brent di level 95,7 dollar AS per barrel atau bertambah 2,7 persen.

Sebelumnya, OPEC+ berencana untuk memangkas produksi sebesar 100.000 barrel per hari pada bulan Oktober 2022. Arab Saudi mengatakan, setelah pertemuan OPEC+ di awal pekan, pihaknya akan melakukan pengurangan pasokan yang pertama kalinya, dalam setahun terakhir,

“Penyesuaian bulan ini adalah isyarat terhadap kekhawatiran produsen. Kelanjutan dari kebijakan OPEC+ dalam membuat penyesuaian kecil, reaktif terhadap kondisi pasar,” kata Emily Ashford, seorang analis di Standard Chartered.

Reli minyak mentah di awal pekan, bersamaan dengan krisis energi yang semakin dalam di Eropa dan memudarnya kepercayaan bahwa AS dan Iran akan setuju untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir. Hal ini diperparah oleh kekhawatiran pertumbuhan di China, selaku importir minyak mentah terbesar di dunia.

Pekan lalu, raksasa energi Rusia Gazprom PJSC mengatakan aliran gas di sepanjang pipa utama ke Jerman tidak akan dilanjutkan, tepat setelah para menteri G-7 mendukung inisiatif pimpinan AS untuk membatasi harga minyak Rusia.

Di sisi lain, gejolak harga minyak juga dipengaruhi oleh harga gas alam berjangka Eropa yang mencatat lonjakan intraday terbesar sejak Maret. Hal ini mengancam permintaan bahan bakar berbasis minyak dan menjerumuskan negara itu ke dalam resesi yang dalam.

Kepala diplomat Uni Eropa Josep Borrell mengatakan, adanya potensi yang cukup kecil dari kesepakatan nuklir Iran yang menandakan pasokan minyak ke negara itu tidak mungkin segera kembali ke pasar.

“Jika tujuannya adalah untuk menutup kesepakatan dengan cepat, itu tidak akan terjadi," ujar Borrell.

Beberapa pedagang juga masih bertaruh pada harga yang menguntungkan dan lebih tinggi. Pada hari Senin, kontak minyak berjangka Brent untuk Januari tahun depan berada di harga 200 dollar AS per barrel, dan WTI di harga 124 dollar AS per barrel pada hari Jumat pekan lalu.

https://money.kompas.com/read/2022/09/06/074000826/harga-minyak-dunia-naik-ini-pendorongnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke