Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar dan Download Kartu ASN Virtual 2022 di HP

Bagaimana cara cetak Kartu ASN Virtual 2022? Cara membuat Kartu ASN Virtual di HP bisa dilakukan dengan mudah jika mengikuti petunjuk yang benar.

Sebagai catatan, dengan adanya Kartu ASN Virtual, jika ada perbaikan data atau pembaruan (update) data ASN, tidak perlu lagi mengusulkan untuk pencetakan ulang Kartu Pegawai Negeri Sipil.

Karena itu, cara mendownload Kartu ASN Virtual penting diketahui. Dengan Kartu ASN Virtual, PNS tak perlu lagi mencetak berulangkali kartu fisik sehingga secara tidak langsung bisa menghemat anggaran negara.

Kartu ASN Virtual juga praktis dan bisa diunduh kapan saja melalui ponsel pintar. Ini membuat PNS maupun PPPK tak perlu lagi menyimpan kartu fisik di dompet dan takut kehilangan.

Cara membuat Kartu ASN Virtual di HP

Daftar Kartu ASN Virtual bisa dilakukan di aplikasi MySAPK, yang dapat diakses melalui laman mysapk.bkn.go.id maupun aplikasi mobile versi android dan iOS.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk pada akun MySAPK melalui mysapk.bkn.go.id maupun aplikasi mobile.

Berikut langkah-langkahnya:

Setelah Log In, pengguna dapat melakukan proses Daftar Kartu ASN Virtual dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Itulah cara membuat Kartu ASN Virtual di HP. Langkah-langkah tersebut juga bisa dilakukan lewat perangkat lain seperti komputer atau laptop.

Cara cetak Kartu ASN Virtual 2022

Setelah proses daftar Kartu ASN Virtual selesai, pengguna dapat mengunduh dan mencetak Kartu ASN Virtual.

Cara mendownload Kartu ASN Virtual bisa langsung dilakukan melalui akun MySAPK, baik melalui mysapk.bkn.go.id maupun aplikasi mobile.

Download Kartu ASN Virtual dengan memilih menu Kartu ASN Virtual. Kemudian klik download untuk mengunduh halaman depan dan belakang kartu, dan klik print untuk mencetak kartu.

Itulah cara cetak Kartu ASN Virtual 2022. Lantas bagaimana cara menggunakan Kartu ASN Virtual 2022?

Pada Kartu ASN Virtual terdapat QR Code yang dapat di scan oleh pengguna menggunakan ponsel, dengan cara sebagai berikut:

  • Arahkan ponsel ke QR Code yang terdapat pada kartu.
  • Setelah muncul link, klik link tersebut.
  • Lalu, masukkan kode captcha yang sesuai.
  • Maka akan muncul informasi pribadi mengenai pegawai yang bersangkutan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat Kartu ASN Virtual di HP. Daftar Kartu ASN Virtual penting dilakukan. Jika sudah terdaftar, cara mendownload Kartu ASN Virtual bisa dipraktikkan.

https://money.kompas.com/read/2022/09/06/104341126/cara-daftar-dan-download-kartu-asn-virtual-2022-di-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke