Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Targetkan Jadi Perusahaan Kelas Dunia, Pupuk Indonesia Perkuat Budaya Inovasi

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengungkapkan, PIQI 2022 dengan tema "Live long and Prosper", merupakan ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan dan telah berjalan pada pada tahun ketiga.

"PIQI merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan atau sharing knowledge seputar inovasi-inovasi yang memberikan added value bagi perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup. ” demikian kata Panji melalui keterangannya, Selasa (6/9/2022).

PIQI 2022 sendiri memiliki beberapa tujuan selain membangun budaya inovasi. Antara lain, untuk memanfaatkan karya inovasi dalam pengembangan usaha, baik produk maupun proses dan diselaraskan dengan Masterplan/Rencana Jangka Panjang Perusahaan.

Tujuan lain, untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup, khususnya dalam membangun budaya inovasi. Kemudian, perusahaan juga berusaha untuk menyamakan persepsi bahwa inovasi harus fokus dan mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas bisnis.

“Selain tentunya juga sarana bagi manajemen untuk memberikan apresiasi atas hasil-hasil karya inovasi yang diciptakan oleh karyawan,” tambah Panji.

Transformasi BUMN

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menambahkan, inovasi merupakan pilar strategis yang mendukung bisnis perusahaan ke depan. Bahkan menjadi salah bagian dari tata nilai Akhlak yang ditetapkan Kementerian BUMN untuk diwujudkan oleh seluruh insan BUMN khususnya pada tata nilai adaptif.

Menurut Bakir, kegiatan konvensi inovasi PIQI 2022 akan menghasilkan karya inovasi baik berasal dari individu, unit kerja, bahkan kolaborasi antar perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

“Kegiatan ini sangat selaras dengan program transformasi yang sedang kita jalankan dan kita galakkan oleh PI dan anak perusahaan. Karena inovasi menjawab tantangan dan menjadikannya peluang untuk perusahaan tumbuh dan sustainable,” ujar Bakir.


PIQI 2022

Sebagai informasi, Konvensi Inovasi PIQI diselenggarakan pada 5-8 September 2022 dengan tuan rumah PT Pupuk Kujang.

Dalam ajang PIQI 2022, Pupuk Indonesia membagi inovasi menjadi tiga Kategori Inovasi.

Pertama, Pupuk Indonesia Agile, yaitu Inovasi yang mendorong Transformasi Bisnis, Customer Centric dan/atau EBITDA Uplift sehingga memiliki Impact yang bernilai tambah terhadap Perusahaan, bersifat breakthrough, dan berpotensi untuk diproses menjadi Hak Paten/HAKI.

Kedua, Pupuk Indonesia Care, yaitu inovasi yang memberikan intangible value bagi customer dan stakeholder, bersifat qualitative diantaranya bidang budaya, pengelolaan lingkungan, K3, CSR, dan sebagainya.

Ketiga, adalah Pupuk Indonesia Competent, yaitu inovasi di tingkat operasional yang menghasilkan peningkatan kualitas, efektifitas, dan efisiensi pada proses bisnis.

https://money.kompas.com/read/2022/09/06/141359026/targetkan-jadi-perusahaan-kelas-dunia-pupuk-indonesia-perkuat-budaya-inovasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke