Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rebound, Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Rp 14.885 per Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot ditutup menguat pada sesi perdagangan Selasa (6/9/2022). Terpantau sejak pembukaan perdagangan nilai tukar rupiah terus bergerak di zona positif.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, nilai tukar uang Garuda terhadap dollar AS ditutup pada level Rp 14.885 per dollar AS, naik 22 poin atau 0,15 persen dari penutupan kemarin. Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak pada rentang Rp 14.876 - Rp 14.892.

Mengacu kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah juga menguat. Tercatat rupiah berada pada level Rp 14.885 per dollar AS pada Selasa hari ini, menguat dari posisi Senin (6/9/2022) kemarin sebesar Rp 14.920 per dollar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, pada sesi perdagangan hari ini rupiah bergerak cenderung menguat terhadap dollar AS. Sentimen pasar terhadap aset berisiko dinilai cukup positif.

Sentimen pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan the Fed yang agresif terlihat berkurang. Dari Fedwatch tool, ekspektasi yang mengharapkan kenaikan 75 basis poin, turun menjadi 60 persen dari sebelumnya 71 persen di pekan lalu.

"Indikasi pelambatan ekonomi AS mungkin menurunkan ekspektasi pasar tersebut," kata Ariston, kepada Kompas.com, Selasa.

Namun demikian, Ariston menilai, nilai tukar rupiah masih berpotensi melemah, tertekan oleh potensi lonjakan inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan resesi global.

"Tekanan untuk rupiah belum hilang," ucap Ariston.

https://money.kompas.com/read/2022/09/06/165000226/rebound-nilai-tukar-rupiah-ditutup-menguat-ke-rp-14.885-per-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke