Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jabat Menpan-RB, Ini 3 Prioritas Azwar Anas

Dalam jangka pendek, Azwar akan fokus pada tiga prioritas yaitu digitalisasi struktur, digitalisasi kompetensi, dan budaya digital. Rencana tersebut ia kemukakan dalam Serah Terima Jabatan Menteri PANRB dari Mahfud MD kepada dirinya, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

"Dulu ATM di mana-mana, sekarang orang sudah tidak menggunakan ATM karena beralih jadi cashless. Ke depan birokrasi juga sama, digital birokrasi itu menjadi pilihan. Inilah yang akan kami teruskan dari ide pandangan dari Prof. Mahmud MD, Pak Tjahjo Kumolo, dan arahan Presiden," ujarnya melalui siaran pers Kementerian PANRB.

Mantan Kepala LKPP ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menitipkan sejumlah mandat kepada dirinya. Seperti peningkatan kualitas pelayanan publik utamanya yang ada di struktur pemerintahan terbawah, mulai dari kelurahan hingga kecamatan harus segera digenjot.

"Selama saya menjadi Bupati Banyuwangi, jajaran Kementerian PANRB ini memaksa saya untuk berpikir lebih cepat, kreatif, dan terukur. Ke depan kami berharap dapat terus memberikan guidance pada pemerintah daerah atau pusat dalam membangun pelayanan publik yang prima," kata Azwar.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memandang Azwar Anas sebagai sosok yang tepat untuk memimpin beragam pembenahan di bidang pelayanan publik, SDM Aparatur, maupun akuntabiltas pemerintah.

"Hari ini saya menyerahkan jabatan Menteri PANRB kepada Bapak Abdullah Azwar Anas yang menurut saya sangat tepat karena beliau ini muda, enerjik, kreatif, dan inovatif. Pengalamannya juga sudah banyak, sehingga punya modal untuk menjawab berbagai tantangan," ungkapnya.

Presiden Jokowi resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB usai jabatan tersebut diisi sementara oleh dua menteri yakni Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian selama 2 bulan lebih.

https://money.kompas.com/read/2022/09/07/222800726/jabat-menpan-rb-ini-3-prioritas-azwar-anas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke