Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diskon Tiket Kereta Api Dosen dan Alumni 5 Universitas, Cek Syarat dan Ketentuannya

Kelima perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Potongan diskon yang diberikan hanya berlaku untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

Syarat dan ketentuan tarif diskon dosen dan alumni

Dilansir dari informasi resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), syarat dan ketentuan pelayanan reduksi civitas dan alumni perguruan tinggi sebagai berikut:

Cara mendapatkan tarif diskon dosen dan alumni

Sebelum menikmati tarif diskon ini, Anda harus melakukan registrasi reduksi di customer service stasiun dengan menunjukan kartu bukti diri dosen dan tenaga pengajar/kartu anggota alumni/ijazah disertai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk input NIK.

Ditegaskan bahwa bukti identitas asli yang digunakan harus masih berlaku sesuai hak atas reduksi.

Setelah melakukan registrasi di CS stasiun, Anda dapat mengunduh aplikasi KAI Access dan mendaftar dengan menggunakan NIK yang sesuai. Jika proses registrasi berhasil, pilihan diskon tarif akan otomatis tersedia di aplikasi KAI Access.

Pilihan menu reduksi hanya bisa didapatkan melalui aplikasi KAI Access dan tidak dapat diberikan melalui penjualan di loket stasiun.

Nantinya, saat proses boarding dan pemeriksaan di atas ka wajib menunjukkan identitas asli atas hak reduksi tersebut.

Kategori tarif diskon tiket

Perlu diketahui bahwa tidak semua civitas dan alumni di lima perguruan tinggi memperoleh tarif diskon tiket kereta api. Potongan harga sebesar 10 persen diberikan dengan detail sebagai berikut:

  • Jenis reduksi civitas : Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM)
  • Jenis reduksi alumni : Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai informasi, reduksi diskon tiket KA diberikan untuk perjalanan kereta antar kota, dan tidak dapat digunakan untuk KA lokal (subsidi/PSO dan komersial).

https://money.kompas.com/read/2022/09/08/140000926/diskon-tiket-kereta-api-dosen-dan-alumni-5-universitas-cek-syarat-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke