Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji 2022 | Pertamina soal Isi BBM dengan Nominal Ganjil

Bantuan sosial (bansos) berupa subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahun 2022 akan segera cair.

Bansos BLT subsidi gaji diperuntukkan bagi pekerja atau buruh yang bergaji paling banyak Rp 3,5 juta per bulan, berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun besaran bantuan yang akan diperoleh para penerima yaitu Rp 600.000, yang ditransfer secara langsung ke rekening masing-masing pekerja atau buruh.

Selain melalui BPJS Ketenagakerjaan, cek penerima BLT subsidi gaji atau BSU 2022 juga bisa melalui laman Kementerian Ketenagakerjaan, bsu.kemnaker.go.id.

Bagaimana caranya? Simak di sini

2. Pertamina: Tak Perlu Isi BBM dengan Nominal Ganjil, Semua Alat Ukur di SPBU Sudah Diuji

PT Pertamina mengatakan semua alat ukur di SPBU Pertamina telah diperiksa dan diuji sesuai ketentuan dinas metrologi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian antara jumlah uang yang dibayarkan dengan banyaknya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dikeluarkan.

Corporate Secretary Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, BBM yang tersalurkan ke dalam kendaraan sesuai dengan tampilan pada layar.

 "Alat ukur tersebut sudah ditera sesuai ketentuan oleh dinas metrologi. Jadi BBM yang disalurkan sesuai dengan angka yang tertera di monitor," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Baca selengkapnya di sini

3. Cair Senin Depan, Ini Cara Cek Penerima BSU Subsidi Upah

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengatakan proses pencairan tahap pertama dana Bantuan Subsidi Upah (BSU subsidi upah) 2022 untuk 4,36 juta orang dapat diambil mulai Senin (12/9/2022).

"Insya Allah dana BSU Rp 600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin depan sesuai operasional Bank Himbara," kata Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi dikutip dari Antara, Sabtu (10/9/2022).

"Saya mengingatkan bahwa tahap pertama ini untuk penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara," ujar dia lagi.

Anwar menjelaskan pada Jumat malam ini pihaknya telah memproses pencairan dana BSU subsidi upah tahap pertama bagi 4,36 juta pekerja atau buruh dengan anggaran Rp 2,61 triliun.

Selengkapnya baca di sini

4. Jenis BBM Tak Sesuai dengan Spesifikasi Kendaraan Saat Daftar di MyPertamia, Bagaimana Solusinya?

Untuk mendorong penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar dan pertalite tepat sasaran, PT Pertamina (Persero) menerapkan program pendaftaran kendaraan melalui MyPertamina.

Program yang mulai diterapkan sejak Juli 2022 hingga kini sudah menembus jumlah pendaftar sebanyak 1 juta kendaraan. Namun, beberapa pendaftar mengeluhkan terjadinya ketidaksesuaian antara BBM dan kendaraan yang didaftarkan.

Misalkan saja, kendaraan Suzuki Karimun yang terdaftar dengan bahan bakar biosolar. Kemudian, Isuzu Panther yang seharusnya berbahan bakar biosolar, malah terdaftar menjadi pengguna pertalite.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan hal ini perlu dilakukan penerlusuran lebih dalam dengan melakukan cek pada nomor polisi kendaraan, dan kesesuaian data yang diinput pemilik kendaraan.

Selengkapnya simak di sini

5. Ketahui, Ini 19 Jenis Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan beragam layanan medis yang bisa dimanfaatkan masyarakat, termasuk menjamin seluruh biaya operasi, baik kategori bedah dan non bedah.

Di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL), semua tindakan medis spesialistik baik bedah maupun non bedah dijamin dengan catatan sesuai dengan indikasi medis.

Dilansir dari informasi resmi BPJS Kesehatan, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan terdiri dari rawat jalan tingkat lanjutan (RJTL) dan rawat inap tingkat lanjutan (RITL) meliputi pelayanan kesehatan yang mencakup:

Lalu operasi apa saja yang ditanggung BPJS Kesehatn? Simak di sini

https://money.kompas.com/read/2022/09/11/081200526/-populer-money-cara-cek-penerima-blt-subsidi-gaji-2022-pertamina-soal-isi-bbm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke