Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Shopee 9.9 Super Shopping Day Dorong Pertumbuhan Digital UMKM Lokal

Sebagai awal rangkaian kampanye akhir tahun Shopee, Shopee 9.9 Super Shopping Day menghadirkan berbagai produk dari UMKM lokal dan mitra brand tepercaya untuk membantu memenuhi segala kebutuhan pengguna.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, Shopee 9.9 Super Shopping Day turut mendorong pertumbuhan ekonomi digital di sejumlah kota di Indonesia, seperti Cimahi, Mojokerto, dan Klaten.

“Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukSemua, kampanye tersebut merupakan wadah bagi pengguna untuk dapat menikmati pengalaman belanja online secara menyenangkan. Di sisi lain, kampanye itu juga memberikan banyak peluang bagi perkembangan bisnis pengusaha lokal dan mitra brand,” ujar Monica dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Pihaknya berharap, inisiatif serupa yang akan dilakukan pada bulan-bulan mendatang dapat menciptakan lebih banyak manfaat lagi.

Dorong pertumbuhan digital UMKM

Monica menjelaskan, rangkaian acara Shopee 9.9 Super Shopping Day digelar untuk membantu jutaan usaha lokal bertumbuh dan berkembang melalui ekosistem digital.

Demi memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli, fitur pembayaran digital ShopeePay pun turut ambil bagian dalam kampanye tersebut.

“Untuk memenuhi kebutuhan harian pengguna, 75 ribu voucer ShopeePay berhasil dibeli melalui fitur ShopeePay Sekitarmu dalam waktu 99 menit pertama,” ujar Monica.

Sebagai informasi, fitur online-to-offline (O2O) berbasis lokasi itu memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai penawaran menarik dari sederet merchant yang ada di sekitar mereka.

Tak hanya itu, masyarakat Indonesia juga turut memanfaatkan kampanye ShopeeFood 9.9 Diskon Super Kenyang.

Guna memenuhi kebutuhan kuliner, pengguna menghabiskan waktu rata-rata 10 menit untuk mencari kuliner pilihan sebelum akhirnya melakukan transaksi.

Monica menuturkan, Shopee 9.9 Super Shopping Day merupakan salah satu batu loncatan bagi pelaku UMKM lokal untuk berkembang bersama Shopee.

Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, inisiatif tersebut juga merupakan wujud nyata upaya Shopee untuk membantu pengembangan pelaku usaha lokal.

Menurut dia, antusiasme tinggi dari pengguna juga memberikan peluang yang lebih luas kepada mitra brand dan UMKM.

Hal itu terlihat dari berbagai produk lokal hasil karya UMKM yang menjadi primadona pada kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Pada kategori kecantikan, misalnya, sabun cuci muka dan maskara menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.

Sementara itu, permintaan terhadap produk UMKM di kategori Perlengkapan Rumah juga meningkat. Dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, blender portabel dan sprei berhasil menjadi produk UMKM pilihan para pengguna.

Kemudian, pada kategori Makanan & Minuman, sejumlah kuliner Nusantara, seperti bakso goreng dan sambal siap saji, menjadi produk UMKM paling populer.

“Atas kepercayaan pengguna dan penjual kepada Shopee, kami mengucapkan terima kasih. Kami berharap dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui teknologi,” kata Monica.

Demi menyajikan pengalaman belanja menarik bagi pengguna pada gelaran Shopee 9.9 Super Shopping Day, Shopee menghadirkan fitur live streaming interaktif, yakni Shopee LIVE.

Sepanjang periode kampanye berlangsung, pengguna Shopee di Indonesia menghabiskan 12 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan melalui Shopee LIVE. Tayangan ini termasuk penampilan spesial STAYC dalam TV Show 9.9 Super Shopping Day.

Selain konten dan tayangan hiburan, Shopee juga meluncurkan fitur terbaru Shopee Video pada gelaran tersebut.

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk berkreasi serta bersosialisasi melalui tontonan video pendek. Selama kampanye berlangsung, terdapat 170.000 video baru yang dibuat setiap harinya.

Gim terbaru Shopee, yakni Shopee Lahap dari Shopee Video, juga mencatatkan antusiasme tinggi. Pada puncak kampanye, gim ini dimainkan oleh hampir 300.000 pengguna.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, kunjungi https://shopee.co.id/9-9.

Aplikasi Shopee bisa diunduh secara gratis melalui App Store untuk pengguna iPhone atau Google Play untuk pengguna Android. Aktifkan juga ShopeePay untuk menikmati kemudahan bertransaksi secara digital.

https://money.kompas.com/read/2022/09/13/170441326/shopee-99-super-shopping-day-dorong-pertumbuhan-digital-umkm-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke