Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kinerja Positif Berlanjut, Bank Mandiri Bakal Bagikan Dividen Lebih Besar Tahun Depan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja positif PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus berlanjut hingga paruh pertama tahun 2022, terefleksikan dari realisasi laba bersih perseroan yang tumbuh hingga 61,7 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 20,2 triliun pada semester I-2022.

Dengan berlanjutnya kinerja positif tersebut, Bank Mandiri berkomitmen untuk menjaga rasio pembayaran dividen atau dividend payout ratio, minimal seperti pembayaran beberapa tahun terakhir.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan, pada tahun 2021 perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 28,03 triliun, di mana 60 persennya dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen.

"Tahun ini sampai dengan semester pertama kita sudah membukukan keuntungan bersih sebesar Rp 20,2 triliun. Yang artinya kita mengalami kenaikan yang sangat signifikan di tahun sebelumnya," kata dia, dalam Public Expose Live 2022, Kamis (15/9/2022).

"Dan tentu kita ingin memberikan kontribusi dividen yang baik untuk pemegang saham," tambah Sigit.

Namun demikian, Sigit menekankan, dalam penghitungan besaran dividend payout ratio, manajemen juga perlu mempertimbangkan kepentingan perusahaan guna mempertahankan laju pertumbuhan yang berkelanjutan.

Oleh karenanya, bank dengan kode saham BMRI itu tentu masih akan memperhitungkan besaran laba ditahan atau retained earning, untuk membentuk modal bisnis yang kuat.

"Kita ingin adanya satu keseimbangan dividen yang baik," ujar Sigit.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perseroan telah membagikan dividen dengan rasio dalam rentang 45 sampai 60 persen kepada para pemegang saham.

"Kita ingin tahun depan dengan kinerja 2022 range tersebut dapat kita jaga, dan kita optimis angka itu adalah angka yang optimal yang dapat memenuhi harapan pemegang saham," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/15/122000926/kinerja-positif-berlanjut-bank-mandiri-bakal-bagikan-dividen-lebih-besar-tahun

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+