Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Sukses Buka Peluang Usaha bagi Pelaku Ekonomi Kreatif ala Sandiaga Uno

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membagikan tips sukses untuk membuka peluang usaha hingga naik kelas kepada ratusan pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Dia menyebutkan, jika ingin sukses tipsnya yaitu harus berani mengambil risiko, menjalin relasi, dan menggunakan metode ekonomi berbasis silaturahmi. Sebab, menurutnya, silaturahmi juga berguna untuk memperluas rezeki.

“Kita juga harus pintar mengambil kesempatan. Seperti contohnya, Indonesia saat ini menjadi pusat perhatian dunia karena menjadi tuan rumah G20. Maka bisa diambil 3G, yaitu gerak cepat (Gercep), gerak bersama (Geber), dan gali semua potensi lokal (Gas pool),” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9/2022).

Sandiaga menambahkan, tingkat ekonomi Indonesia di bidang fesyen saat ini mencapai 18 persen dan kriya 15 persen. Menurutnya, ekonomi ekstraktif akan mulai tergantikan oleh ekonomi kreatif.

“Kami yakin sektor Ekraf bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja di tahun ini. Kemudian, di 2024 bisa tercipta 4,4 juta lapangan kerja,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo berharap pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Palembang bisa segera bangkit dan tumbuh pasca-pandemi Covid-19.

Dia juga menambahkan, kehadiran Sandiaga dengan pengalamannya sebagai pengusaha yang berhasil memberikan motivasi kepada para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Palembang.

“Semoga dengan hadirnya Pak Sandiaga bisa menjadi motivasi bagi semua pelaku Ekraf dan UMKM di Palembang dan bahkan Sumsel. Maka, upaya kita saat ini adalah mempromosikan ekonomi agar tetap tumbuh di Palembang,” kata Harnojoyo.

https://money.kompas.com/read/2022/09/15/125000026/tips-sukses-buka-peluang-usaha-bagi-pelaku-ekonomi-kreatif-ala-sandiaga-uno

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke