Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amartha Luncurkan Layanan Pengukuran Profil Risiko Ascore.ai

Layanan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi berbagai sektor usaha untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih masif.

Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, Ascore.ai dibangun dengan lebih dari 1 juta database mitra pengusaha ultra mikro Amartha dan telah mengalami pengembangan selama tujuh tahun terakhir.

Teknologi ini pula yang selama ini digunakan Amartha untuk pengukuran risiko dalam menyalurkan pinjaman bagi segmen yang belum terlayani (underserved) di lapisan piramida terbawah.

Penggunaan teknologi ini diklaim terbukti menjaga kualitas NPL Amartha yang stabil di bawah 0,5 persen.

“Amartha melihat peluang yang sangat besar untuk mengkatalisis sektor ekonomi informal melalui teknologi. Sekitar 20 juta UMKM di Indonesia masih belum terlayani oleh layanan keuangan formal, karena profiling risikonya sulit diukur." kata dia dalam siaran pers, Kamis (15/9/2022).

Ia menambahkan, melalui teknologi Ascore.ai, sektor usaha maupun institusi dapat menggunakan layanan ini, dan berpeluang untuk memperluas jangkauan pasarnya ke pangsa pasar yang lebih masif, salah satunya sektor ekonomi informal.

Dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), Ascore.ai akan menghasilkan output berupa nilai risiko, penghitungan bunga pinjaman, pengolahan data, serta keputusan-keputusan yang berpengaruh pada bisnis (credit decisioning).

Ascore.ai dapat digunakan baik oleh institusi maupun individu.

Pada segmen institusi, Ascore.ai dapat menjangkau sektor fintech, microfinance atau lembaga pembiayaan, perbankan seperti BPR dan BPD, koperasi, agrikultur, hingga marketplace yang memiliki produk paylater dan pinjaman.

“Amartha telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder mulai dari perbankan maupun sektor fintech untuk mendigitalisasi UMKM di Indonesia. Lewat layanan Ascore.ai, Amartha membantu institusi keuangan agar dapat merambah segmen akar rumput, tanpa perlu mengembangkan teknologi credit decisioning solution sendiri," kata dia.

Bagi segmen institusi, Ascore.ai menyediakan layanan berupa verifikasi risiko, credit underwriting, advance credit analysis, dan pengecekan kredit nasabah.

Selain itu, Amartha juga telah menjajaki kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), perbankan, hingga e-commerce untuk memasarkan layanan Ascore.ai.

Pada segmen individu, Ascore.ai menyediakan layanan berupa penghitungan profil risiko serta simulator skor kredit.

Nantinya, pengguna dapat mempertimbangkan hasil perhitungan profil risiko untuk mengenali profilnya, dan memutuskan dengan baik apabila hendak mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan formal.

"Amartha optimistis, Ascore.ai dapat mendorong inklusi keuangan serta menjadi katalisator bagi UMKM untuk bertransformasi menjadi usaha digital dan bersaing di pasar global," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/15/192511226/amartha-luncurkan-layanan-pengukuran-profil-risiko-ascoreai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke