Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian ESDM: Butuh Dana Tidak Kecil untuk Dorong Energi Baru Terbarukan

Oleh karena itu kata Andriah, inovasi merupakan kata kunci dalam mempercepat transisi energi. Menurut dia, dengan inovasi teknologi menggunakan sumber energi tersebut bisa membuat harga jual energi baru terbarukan menjadi lebih terjangkau.

"Butuh pendanaan yang tidak kecil dan teknologi untuk mendorong program energi baru dan terbarukan ini agar terlaksana. Transisi energi bisa menjadi momen yang baik untuk meningkatkan ketahanan energi dan harganya bisa lebih bersaing," ujarnya saat menjadi pembicara di webinar Shell Indonesia LiveWIRE 2022 dikutip melalui siaran persnya, Kamis (15/9/2022).

Adapun pengembangan energi baru terbarukan diarahkan untuk menjaga ketahanan energi nasional sekaligus upaya untuk memberikan akses energi secara merata kepada masyarakat.

Terlebih lagi, lanjut Feby, Indonesia memiliki sumber energi yang melimpah yang dapat digunakan sebagai energi alternatif. Contohnya, panas matahari dan angin.

Dia mengungkapkan, terdapat beberapa negara yang mengalami krisis energi belakangan ini. Hal tersebut disebabkan negara itu memiliki ketahanan energi yang minim.

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian menuturkan, melalui Shell LiveWIRE Energy Solutions, Shell Indonesia menyediakan wadah bagi generasi muda untuk meningkatkan kapasitas bisnis dan manajemennya guna melahirkan inovasi dan solusi bisnis maupun teknologi di sektor energi.

"Di tangan para inovator dan wirausaha muda Shell LiveWIRE, kami berharap akan lahir bisnis-bisnis solusi energi yang komprehensif yang juga dapat berkontribusi dalam upaya pencapaian Sustainable Development Goals, khususnya mengenai akses energi," ujar Ingrid.

Selain itu, penyelenggaraan program Shell LiveWIRE Energy Solutions juga sejalan dengan strategi Powering Progress Shell secara global untuk bertransformasi menjadi perusahaan energi dengan emisi nol karbon pada tahun 2050.

https://money.kompas.com/read/2022/09/15/203500026/kementerian-esdm--butuh-dana-tidak-kecil-untuk-dorong-energi-baru-terbarukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke