Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permintaan Kredit Korporasi dan Rumah Tangga Masih Tumbuh Positif

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, permintaan pembiayaan baru korporasi pada Agustus 2022 terindikasi tumbuh melambat yang tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 17,9 persen lebih rendah dari SBT Juli 2022 sebesar 20,5 persen.

SBT merupakan jawaban responden survei BI dikalikan dengan bobot kreditnya, selanjutnya dihitung selisih antara persentase responden yang memberikan jawaban meningkat dan menurun.

"Kebutuhan pembiayaan terutama dipenuhi dari dana sendiri yang masih menjadi mayoritas sumber pembiayaan, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik," ujar Erwin dalam keterangannya Jumat (16/9/2022).

Sementara itu, pembiayaan yang bersumber dari pinjaman ke perbankan dalam negeri terindikasi meningkat.

Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Agustus 2022 juga terindikasi tumbuh lebih tinggi dari Juli 2022, sejalan dengan indikasi meningkatnya permintaan pembiayaan dari korporasi ke perbankan dalam negeri.

"Berdasarkan survei, faktor utama yang memengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah serta prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan," jelas Erwin.

Lebih lanjut survei tersebut juga memproyeksikan, untuk keseluruhan periode Kuartal III-2022 penawaran penyaluran kredit baru tumbuh lebih lambat dibanding Kuartal II-2022.

Sejalan dengan itu, di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada Agustus 2022. Tercatat mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna.

"Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing," ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2022/09/16/172019026/permintaan-kredit-korporasi-dan-rumah-tangga-masih-tumbuh-positif

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke