Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nilai Ekspor Produk Perikanan RI ke Vietnam Tembus Rp 2,04 Triliun

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pamuji Lestari mengatakan, Vietnam merupakan salah satu negara tujuan ekspor potensial di regional ASEAN.

"Sebagai mitra dagang, nilai ekspor Indonesia ke Vietnam mencapai Rp 2,04 triliun pada tahun lalu. Tentu hubungan baik ini perlu dijaga dan diperkuat," kata dia dalam siaran pers, Jumat (16/9/2022).

Ia menambahkan, komoditas yang diekspor ke Vietnam meliputi cumi-cumi, tuna, sotong, rumput laut, arwana super red, dan lainnya.

"Ada 20 komoditas kita ekspor ke Vietnam selama 2021," sambung dia.

Lebih lanjut, Pamuji menyebut kedua negara telah merumuskan rencana aksi implementasi Kemitraan Strategis 2019-2023 sekaligus menjadi pedoman untuk memajukan kerja sama kita di berbagai bidang.

Pamuji menceritakan pertemuan PM Chinh dan Presiden Joko Widodo di Bogor pada 23 April 2021. Kala itu, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang kesehatan, mengurangi hambatan perdagangan dan investasi, serta mempercepat negosiasi Penetapan Batas ZEE.

"Kerja sama kita semakin diperkuat dengan hasil pertemuan Komisi Gabungan Kerja Sama Bilateral ke-4 pada Juli 2022, termasuk kesepakatan untuk mencapai target perdagangan bilateral sebesar 15 miliar dollar AS pada tahun 2028," kata dia.

Oleh karena itu, dalam mengejar target tersebut Pamuji mengingatkan pentingnya mengintensifkan kerja sama Indonesia-Vietnam dalam perdagangan dan investasi.

"Sambil juga memperkuat hubungan B-to-B untuk membantu memfasilitasi tujuan tersebut. Kami juga akan segera menjajaki peluang kami untuk berkolaborasi dalam budidaya perikanan, produksi perikanan, pertanian, industri kreatif, dan ekonomi digital," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/16/184942726/nilai-ekspor-produk-perikanan-ri-ke-vietnam-tembus-rp-204-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke