Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daerah Mana Paling Banyak Penduduk Miskin Tinggal?

KOMPAS.com - Sebagai negara berkembang, masih banyak orang Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Per Maret 2022, jumlah penduduk miskin di Indonesia adalah sebanyak 26,16 juta jiwa. 

Badan Pusat Statistik (BPS) selama ini menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar untuk mengukur kemiskinan.

Konsep ini mengacu pada Handbook on Poverty and Inequality yang diterbitkan oleh World Bank. Yakni, memandang kemiskinan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran.

Oleh karena itu, penduduk masuk kategori miskin jika memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan. Adapun garis kemiskinan, merupakan jumlah rupiah minimum yang diperlukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya selama sebulan.

Berdasarkan Susenas BPS pada Maret 2022, garis kemiskinan penduduk Indonesia sebesar Rp 505.469 per kapita per bulan.

Angka tersebut terbagi menjadi garis kemiskinan makanan sebesar 74,08 persen atau Rp 374.455, dan garis kemiskinan non-makanan sebesar Rp 131.014 atau 25,92 persen.

Daerah paling banyak orang miskin

Dilihat secara wilayah sebagaimana dikutip dari laman BPS, maka Jawa Timur adalah daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak, yaitu 4,18 juta jiwa.

Provinsi selanjutnya dengan jumlah penduduk miskin tertinggi di Indonesia adalah Jawa Barat yang mencatatkan 4,07 juta jiwa.

Lalu di posisi ketiga daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak yakni Jawa Tengah sebesar 3,83 juta jiwa. Dengan demikian, 3 daerah penyumbang warga miskin paling besar berada di Pulau Jawa.

Untuk provinsi non-Jawa, penduduk miskin paling banyak terkonsentrasi di Sumatera Utara yakni 1,26 juta. Berikutnya adalah Nusa Tenggara Timur 1,13 juta, lalu berturut-turut Sumatera Selatan 1,04 juta dan Lampung 1 juta jiwa.

Jumlah penduduk miskin yang terkonsentrasi di provinsi yang sudah disebutkan di atas terbilang wajar, mengingat daerah-daerah tersebut memiliki kantong populasi penduduk yang besar.

Persentase penduduk miskin

Sementara apabila menggunakan persentase penduduk miskin, daerah dengan rasio penduduk miskin paling besar adalah Bengkulu sebesar 14,88 persen. Dengan kata lain, 14 dari setiap 100 penduduk di Bengkulu tercatat sebagai orang miskin.

Berikutnya daerah dengan persentase kemiskinan terparah adalah NTB sebesar 14,10 persen, Sumatera Selatan 11,23 persen, Jambi 10,51 persen, DIY 10,56 persen, dan Aceh 10,31 persen.

Daerah dengan rasio kemiskinan paling kecil adalah Bangka Belitung 3,09 persen, Kalimantan Selatan 3,64 persen, dan Gorontalo 3,97 persen.

Papua yang selama ini diidentikan dengan daerah termiskin di Indonesia justru memiliki persentase penduduk miskin sebesar 5,02 persen untuk Provinsi Papua dan 6,96 persen untuk Provinsi Papua Barat.

Berikut 7 provinsi dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Indonesia:

  1. Jawa Timur 4,18 juta 
  2. Jawa Barat 4,07 juta
  3. Jawa Tengah 3,83 juta
  4. Sumatera Utara 1,26 juta
  5. NTT 1,13
  6. Sumatera Selatan 1,04
  7. Lampung 1 juta

7 provinsi dengan persentase penduduk miskin terbanyak di Indonesia:

(Penulis: Diva Lufiana Putri | Editor: Inten Esti Pratiwi)

https://money.kompas.com/read/2022/09/20/110756226/daerah-mana-paling-banyak-penduduk-miskin-tinggal

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+