Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minat Masyarakat ke Produk Investasi Meningkat, Pasar Reksa Dana RI Bakal Terus Berkembang

Widrawan Hindrawan, Chief Marketing Officer PT UOB Asset Management Indonesia mengatakan, berdasarkan data dari situs OJK, total AUM (Asset Under Management) atau dana kelolaan Reksa Dana pada tahun 2019 tercatat sebesar Rp 542 triliun.

Kendati sempat terdapat penurunan AUM di Maret 2020 menjadi Rp 471 triliun, namun pada akhir tahun 2020, total dana kelolaan tercatat meningkat hampir 6 persen menjadi Rp 573 triliun.

Kemudian, pada akhir 2021, OJK mencatat total dana kelolaan Reksa Dana tumbuh sekitar 1 persen menjadi Rp 579 triliun.

Tidak hanya itu, pertumbuhan SID (Single Investor Identification) terlihat cukup signifikan yaitu dari sebanyak 3,88 juta orang di tahun 2020 hingga menjadi sebanyak hampir 7,5 juta orang di akhir tahun 2021.

"Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan minat masyarakat terhadap produk investasi, termasuk Reksa Dana," kata Widrawan melalui keterangannya kepada Kompas.com.

Potensi pasar Reksa Dana di Indonesia

Dengan demikian, Widrawan menilai potensi pasar Reksa Dana di Indonesia juga besar.

Sebagai contoh, lanjutnya, total penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK), sejak 10 tahun terakhir itu juga selalu meningkat.

Di tahun 2020, tercatat penghimpunan DPK sekitar Rp 6.575 triliun dan meningkat menjadi sekitar Rp 7.249 triliun.

"Kalau kita bandingkan dengan AUM Reksa Dana masih terdapat gap yang sangat besar. Ini artinya, masih banyak sekali dana-dana yang sebenarnya disimpan di bank dalam bentuk tabungan atau deposito," ujar Widrawan.

"Kemudian jika kita bandingkan jumlah SID dengan jumlah penduduk usia produktif di Indonesia yang lebih dari 100 juta orang, terpantau masih sangat jauh. Hal ini menunjukan bahwa eksposur masyarakat terhadap produk investasi dan industri pasar modal masih cenderung rendah," lanjutnya.

Sebagai informasi, Pada semester II 2022, UOB Asset Management Indonesia berencana untuk meningkatkan AUM (Asset Under Management) atau aset kelolaannya.

Antara lain, melalui pengembangan produk Reksa Dana yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat serta memperbanyak saluran distribusi produknya sehingga produk-produk UOB Asset Management Indonesia dapat semakin mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

https://money.kompas.com/read/2022/09/20/154512126/minat-masyarakat-ke-produk-investasi-meningkat-pasar-reksa-dana-ri-bakal-terus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke