Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Pertemuan The Fed, IHSG Berpotensi Tertekan

Pergerakan indeks saham nasional yang terbatas diikuti juga dengan nilai dan volume transaksi yang menurun dari sesi perdagangan sebelumnya. Investor dinilai masih menunggu hasil pertemuan bank sentral AS, The Federal Reserve, pada Rabu (21/9/2022) waktu setempat.

“Pergerakan IHSG yang fluktuatif sepanjang hari dikarenakan investor mengantisipasi kenaikan suku bunga The Fed yang mungkin bisa mencapai 100 bps pada bulan ini,” ujar Analis Artha Sekuritas, Dennies Christopher, dalam risetnya, Selasa.

Menurutnya, sentimen pertemuan The Fed masih akan membuat indeks saham nasional bergerak terbatas, cenderung melemah pada sesi perdagangan hari ini.

Secara teknikal, Ia bilang, candlestick doji pada higher high dan higher low dengan stochastic yang menyempit saat mendekati level oversold. Ini mengindikasikan potensi rebound dalam jangka pendek.

“Pergerakan diperkirakan masih akan terbatas jelang penetapan suku bunga The Fed dan Bank Indonesia pada hari Kamis,” ujar dia.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, indeks saham nasional akan bergerak pada rentang support 7.170-7.145. Sementara itu, resistance bergerak pada rentang 7.236-7.277.

Senada dengan Dennies, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi, IHSG akan bergerak melemah hari ini. Menurutnya, IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar.

Ia pun memproyeksi, pada perdagangan hari ini IHSG bergerak dalam rentang 7.123-7273. Dalam jangka panjang, potensi penguatan IHSG masih sangat besar.

“Dalam jangka pendek masih terdapat peluang koreksi minor yang dapat terus dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian,” ucapnya.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/09/21/073000726/jelang-pertemuan-the-fed-ihsg-berpotensi-tertekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke