Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri ESDM Bakal Tawarkan 70 Cekungan Migas ke Investor

Hal tersebut ia sampaikan ketika membuka The 46th Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex) di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

"Kami memiliki 70 potensi cekungan yang belum dieksplorasi untuk ditawarkan kepada para investor. Kami juga akan mengakselerasi eksplorasi di 5 wilayah kerja (WK) di Indonesia Timur, yakni Buton, Timor, Seram, Aru-Arafura, dan West Papua Onshore," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah berupaya untuk meningkatkan produksi (migas), untuk mencapai target 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) dengan berbagai strategi.

Saat ini lanjut Arifin, terdapat 4 proyek migas yang menjanjikan yaitu Indonesian Deepwater Development (IDD) Gendalo dan Gehem, Jambaran Tiung Biru, Lapangan Abadi, dan Tangguh Train-3.

Keempat proyek migas tersebut diperkirakan akan meningkatkan produksi minyak dan gas buminya mencapai 65.000 BOPD dan 3.484 MMSCFD, dengan total investasi lebih dari 37 miliar dollar AS.

Untuk meningkatkan produksi migas, Kementerian ESDM akan mengumumkan Lelang WK Migas Tahap 2 pada tahun ini. Terdiri dari 5 WK untuk penawaran langsung, 1 WK penawaran langsung Blok Paus, 1 WK untuk lelang reguler, dan 1 WK penawaran langsung untuk West Kampar.

"Selanjutnya, untuk menarik investasi hulu di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai terobosan kebijakan, melalui fleksibilitas kontrak yaitu PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split, peningkatan syarat dan ketentuan pada tahap lelang, insentif fiskal dan non-fiskal, perizinan online, dan penyesuaian regulasi untuk non-konvensional," paparnya.

Selain itu, pemerintah akan melakukan revisi Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas) dengan memberikan kemudahan berusaha dan kepastian kontrak.

"Kami masih memfinalisasi draf dan peraturan ini menjadi salah satu prioritas kami," ucap Arifin.

https://money.kompas.com/read/2022/09/21/155825726/menteri-esdm-bakal-tawarkan-70-cekungan-migas-ke-investor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke