Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 15.000 Per Dollar AS, Ini Penyebabnya

Ini merupakan kali pertama sejak 27 Juli 2022 nilai tukar rupiah Jisdor berada di atas Rp 15.000 per dollar AS.

Mengacu kepada data BI, rupiah berada pada level Rp 15.011 per dollar AS pada Rabu hari ini. Nilai ini melemah 0,24 persen dari posisi Selasa kemarin sebesar Rp 14.975 per dollar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot juga ditutup melemah. Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, nilai tukar uang Garuda terhadap dollar AS ditutup pada level Rp 14.997 per dollar AS, terdepresiasi 13,5 poin atau 0,09 persen dari penutupan.

Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah di pasar spot sebenarnya juga sempat menyentuh Rp 15.000 per dollar AS. Namun, pelemahan sedikit terpangkas jelang penutupan perdagangan.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, indeks dollar AS menguat pada perdagangan Rabu, disebabkan oleh eskalasi ketegangan Rusia-Ukraina, pasca Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan mobilisasi militer secara parsial.

"Dollar AS naik di perdagangan Rabu, mendekati level tertinggi 20 tahun," ujar dia dalam risetnya, Rabu.

Selain itu, ekspektasi kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS, The Federal Reserve, yang masih agresif pada pertemuan Kamis (22/9/2022) dini hari juga membuat dollar AS kian perkasa. Pasar meyakini, pada pertemuan nanti The Fed akan mengkerek suku bunga acuan, sekurang-kurangnya 75 basis poin.

"Kenaikan poin persentasi penuh tidak sepenuhnya mustahil karena indeks harga konsumen minggu lalu menjukan inflasi tetap mendekati level tertinggi 40 tahun," ucap Ibrahim.

https://money.kompas.com/read/2022/09/21/200000726/nilai-tukar-rupiah-tembus-rp-15.000-per-dollar-as-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke