Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Manfaat Asuransi Perikanan dan Pergaraman

Hujan ekstrem juga membuat aktivitas melaut nelayan menjadi lebih berisiko. Selain itu, bidang usaha di bibir pantai misalnya pergaraman juga mendapati risiko serupa ketika memasuki musim penghujan.

Namun demikian nelayan dan petambak garam dapat memindahakan risikonya kepada perusahaan asuransi

Manfaat Asuransi perikanan dan penggaraman

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi perikanan merupakan perjanjian antara nelayan atau pembudidaya ikan dengan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam pertanggungan risiko penangkapan ikan atau pembudidayaan ikan.

Sementara itu, asuransi pergaraman merupakan perjanjian antara petambak garam dengan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam pertanggungan risiko usaha pergaraman.

Asuransi perikanan dan pergaraman memberikan jaminan yang melindungi nelayan dari kerugian akibat hilang atau rusaknya sarana penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, dan usaha pergaraman.

Apabila nelayan mengalami kehilangan atau kerusakan alat, hal ini membuat nelayan tidak dapat melaut atau menjalankan usaha tambak garam.

Dengan memiliki asuransi, akan ada santunan yang bermanfaat bagi nelayan. Asuransi ini juga dilengkapi dengan asuransi kecelakaan kerja atau kehilangan jiwa yang akan bermanfaat bagi nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam.

Asuransi perikanan dan pergaraman dapat dimanfaatkan melalui perusahaan asuransi swasta atau mekanisme asuransi subsidi.

Untuk mendaftar asuransi subsidi, dapat dilakukan dengan mendaftar melalui Dinas Perikanan setempat, Penyuluh Perikanan, dan secara online melalui situs web resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mengingat Indonesia merupakan negara maritim, perikanan memiliki kontribusi pada perekonomian Indonesia.

Untuk itu penting menjamin keberlangsungan usaha nelayan, salah satunya adalah melalui produk asuransi.

Dengan memanfaatkan produk asuransi, tantangan kondisi alam dan risiko yang dihadapi nelayan dapat dimitigasi. Kegiatan usaha menjadi lebih terjamin, nelayan akan lebih sejahtera.

https://money.kompas.com/read/2022/09/23/183000726/ini-manfaat-asuransi-perikanan-dan-pergaraman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke