Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Top Up DANA di Alfamart, Cara, dan Minimalnya

KOMPAS.com - Berapa biaya top up DANA di Alfamart atau biaya admin top up DANA di Alfamart? Pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan.

DANA sendiri adalah salah satu penyedia layanan dompet digital terbesar Tanah Air. Didirikan di Indonesia DANA memiliki nama resmi PT Espay Debit Indonesia Koe.

DANA merupakan dompet digital yang didesain untuk membantu transaksi non tunai dan non kartu secara digital, baik online maupun offline. Dompet digital yang satu ini banyak dipilih karena dinilai praktis dan terjamin keamanannya.

Setelah memiliki akun, kita wajib mengisi saldo Dana atau Top up Saldo DANA terlebih dahulu. Saldo DANA memang dibutuhkan jika kita ingin melakukan berbagai pembayaran menggunakan DANA. Jika tidak ada saldo didalamnya, proses pembayaran akan gagal.

DANA sendiri bisa digunakan untuk beragam transaksi seperti:

  1. QRIS
  2. Tagihan listrik
  3. Tagihan air
  4. Tagihan internet
  5. Iuran BPJS
  6. Pembelian pulsa
  7. Transfer ke rekening bank
  8. Belanja online

Biaya top up DANA di Alfamart

Salah satu metode mengisian saldo DANA adalah dengan di minimarket Alfamart. Namun begitu, ada akan ada biaya top up DANA di Alfamart.

Selain di jaringan minimarket Alfamart, pengguna DANA juga bisa melakukan top up di gerai Alfamidi, DanDan, dan Lawson.

Minimal top up DANA di Alfamart, Alfamidi, dan minimarket lainnya sebesar Rp 50.000. Pengguna juga bisa memilih nominal top up DANA Rp 100.000 hingga maksimal Rp 500.000 dengan kelipatan Rp 50.000.

Lalu berapa biaya admin top up DANA di Alfamart?

Untuk biaya top up DANA di Alfamart atau biaya admin top up DANA di Alfamart saat ini ditetapkan sebesar Rp 2.500 per sekali transaksi.

Sebagai informasi saja, biaya isi saldo DANA bervariasi tergantung kanal pembayaran yang dipilih. Beberapa bank bahkan menggratiskan biaya top up DANA.

Mengutip laman bantuan DANA, biaya admin top up akan dikenakan pada kartu selain BCA, Mandiri, dan CIMB Niaga sesuai ketentuan bank masing-masing.

Contohnya saja, nasabah BCA yang ingin mengisi saldo DANA tak perlu khawatir untuk membayar biaya admin. Sebab, biaya top up DANA dari BCA tak dikenakan biaya tambahan atau gratis.

Dilansir dari laman resmi DANA, berikut cara top up DANA di Alfamart dan Alfamidi:

Apabila tidak sempat untuk mengunjungi Alfamart yang telah bekerja sama dengan DANA untuk mengisi saldo, kamu dapat melakukannya melalui HP pribadi.

Untuk pengguna mobile banking BCA, kamu dapat menyimak langkah berikut ini untuk melakukan top up saldo DANA.

Bahkan, biaya top up DANA di Alfamart atau biaya admin top up DANA di Alfamart bisa dibilang lebih mahal ketimbang menggunakan mobile banking.

Sebagai contoh saja, berikut cara top up DANA di BCA Mobile yang tidak dikenakan biaya admin:

  1. Lakukan login terlebih dahulu ke akun BCA Mobile.
  2. Pada halaman utama pilih menu m-Transfer lalu klik BCA Virtual Account.
  3. Masukkan nomor Virtual Account DANA kamu (contoh: 390108981234567).
  4. Masukkan jumlah pengisian saldo DANA kamu.
  5. Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk menyelesaikan transaksi.

Dengan berbasis open-platform, seperti halnya Alipay dari China, DANA digadang-gadang menjadi solusi bagi kegiatan transaksi digital non-tunai, baik secara online maupun offline.

Sebagai dompet digital, DANA telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) dan memenuhi ketentuan serta persyaratan mengenai lembaga teknologi finansial di Indonesia.

Beberapa bank yang hingga saat ini bekerja sama dengan DANA antara lain Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, Panin Bank, Bank Permata, CIMB NIAGA, BTN, dan Bank Sinar Mas.

Itulah informasi seputar cara dan biaya top up DANA di Alfamart. Dengan mengetahui biaya admin top up DANA di Alfamart, Anda bisa mengatur anggaranmu dengan lebih baik.

https://money.kompas.com/read/2022/09/25/113918426/biaya-top-up-dana-di-alfamart-cara-dan-minimalnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke