Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Kereta Api yang Jadwal Perjalanannya Makin Cepat Mulai Hari Ini

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan.

KAI Ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 KAI yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

“Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September,” ujar Joni, dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (28/9/2022).

Terdapat 10 perjalanan dari 5 KA dengan beragam rute yang mengalami percepatan waktu tempuh hingga 31 menit.

Berikut daftar kereta api yang perjalanannya kini lebih cepat:

Dengan begitu, penumpang yang menggunakan kereta api tersebut kini dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota.

Berikut percepatan waktu tempuh 5 KA jarak jauh:

Rahasia laju kereta api makin kencang

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana.

Perbaikan yang dilakukan di antaranya, membangun jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, mengupgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan 10 KA tersebut meningkat dari sebelumnya 105 Km per jam meningkat menjadi hingga 120 Km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Waktu perjalanan yang semakin singkat juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket.

“Harapannya melalui percepatan waktu tempuh pada sejumlah kereta api tersebut, KAI akan selalu menjadi moda transportasi umum yang cepat, aman, nyaman, dan dapat selalu diandalkan oleh masyarakat,” tutup Joni.

https://money.kompas.com/read/2022/09/28/080400626/daftar-kereta-api-yang-jadwal-perjalanannya-makin-cepat-mulai-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke