Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Penyebab Wanaartha Life Disanksi PKU Penuh oleh OJK

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II Moch. Ihsanuddin menjelaskan, Otoritas Jasa keuangan (OJK) memberikan sanksi PKU penuh kepada Wanaartha Life sesuai dengan surat sanksi nomor S-180/NB.2/2022.

"Ada beberapa ketentuan dalam bidang asuransi yang tidak dapat dipenuhi oleh Wanaartha Life," kata dia dalam keterangan resmi dikutip, Kamis (29/9/2022).

Pertama, Wanaartha Life melanggar ketentuan Pasal 3 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi yang mengatur, perusahaan setiap saat wajib memenuhi tingkat solvabilitas paling rendah 100 persen dari modal minimum berbasis risiko.

Dilansir dari Kontan, level RBC Wanaartha Life pada tahun 2020 sempat menyentuh level minus 2.049 persen.

Kedua, Wanaartha Life melanggar ketentuan rasio kecukupan investasi yang tertuang dalam Pasal 25 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Pasal tersebut berbunyi, aset yang diperkenankan dalam bentuk investasi ditambah aset yang diperkenankan dalam bentuk bukan investasi berupa kas dan bank paling sedikit sebesar jumlah cadangan teknis retensi sendiri, ditambah liabilitas pembayaran klaim retensi sendiri, dan liabilitas lain kepada pemegang polis atau tertanggung.

Ketiga, perusahaan melanggar ketentuan Pasal 33 huruf a Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Pasal tersebut mengatur, perusahaan wajib memiliki ekuitas paling sedikit sebesar Rp 100 miliar bagi perusahaan asuransi.

"Wanaarta Life juga belum menyelesaikan sanksi-sanksi lainnya di bidang perasuransian," imbuh dia.

Ihsanuddin menjelaskan, dengan adanya sanksi ini, Wanaartha Life dilarang melakukan pemasaran dan penerimaan premi pertanggungan atau produksi baru atas seluruh produk asuransi sejak tanggal 30 Agustus 2022.

Sanksi tersebut berlaku sampai dengan penyebab sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) dapat teratasi.

“Di samping itu, perusahaan tetap wajib melaksanakan kewajiban-kewajiban yang jatuh tempo,” tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/29/093000326/ini-penyebab-wanaartha-life-disanksi-pku-penuh-oleh-ojk

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+