Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HERO Jual Aset Tanah dan Bangunan Rp 200 Miliar

Adapun aset tanah dan bangunan yang dijual berlokasi di Jalan Jalur Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Secara detail, aset yang dijual berupa luas tanah 11.240 meter persegi dan bangunan 2 lantai dengan total luas bangunan lantai 12.406 meter persegi.

Dengan penjualan aset tersebut, HERO berharap laba rugi sebelum pajak pada tahun 2022 diperkirakan meningkat sebesar Rp 123,2 miliar.

"Beban bunga pinjaman bank jangka pendek HERO diperkirakan akan menurun selama periode proyeksi, hal ini karena HERO mampu melunasi pinjaman bank jangka pendek sebesar Rp 120 miliar pada tahun 2022," dikutip dari keterbukaan informasi tersebut, Jumat (30/9/2022).

Kemudian, penerimaan kas bersih dari transaksi penjualan aset diharapkan menjadi Rp 196,9 miliar setelah pembayaran pajak dan pengurangan beban bunga. Sebanyak Rp 120 miliar dari penerimaan akan digunakan untuk membayar utang dan saldo kas akan meningkat sebesar Rp 76,9 miliar.

HERO mengungkapkan pertimbangan dijualnya aset tersebut yakni penerimaan dana tunai akan mengurangi manfaat (leverage) namun dapat memperkuat posisi keuangan HERO. Pengurangan leverage juga akan mengurangi pembayaran bunga di masa depan.

"Mendapatkan keuntungan dari penjualan properti yang akan mendukung profitabilitas Perseroan pada tahun 2022 dan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid meskipun ada ketidakpastian pasar akibat Covid-19," kata direksi perusahaan.

Transaksi ini pun diharapkan akan memberikan keyakinan tambahan kepada pemberi fasilitas pinjaman ditengah kondisi perdagangan pada tahun ini. Manajemen mengatakan, penilaian objek aset tersebut telah dilakukan pada 30 Juni 2022.

https://money.kompas.com/read/2022/09/30/211942826/hero-jual-aset-tanah-dan-bangunan-rp-200-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke