Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian ESDM Apresiasi Perusahaan yang Terapkan Teknik Pertambangan yang Baik

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral Dan Batubara, Irwandy Arif menuturkan, pemerintah mengapresiasi terhadap para perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan dengan memberikan penghargaan.

Lantaran perusahaan-perusahaan pertambangan tersebut telah menerapkan cara pertambangan yang baik sesuai aturan pemerintah.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap perusahaan pertambangan yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik. Acara ini juga sekaligus menjadi rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 yang jatuh pada tanggal 28 September 2022," kata Irwandy melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik dilaksanakan melalui pengelolaan teknis pertambangan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan keselamatan pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, reklamasi, dan pascatambang, pemanfaatan teknologi, kemampuan rekayasa, rancang bangun, serta pengembangan dan penerapan teknologi pertambangan.

Presiden Direktur Amman Mineral Rachmat Makkasau yang hadir menerima ketiga penghargaan tersebut menyebutkan bahwa prestasi yang berhasil diraih ini berkat kerja keras serta dedikasi yang dilakukan oleh seluruh karyawan serta mitra bisnis,

Penghargaan yang diraih oleh Amman Mineral yaitu Penghargaan Aditama untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Penghargaan Utama dalam Aspek Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Penghargaan Utama dalam Aspek Pengelolaan Teknik Pertambangan.

"Keberhasilan AMMAN dalam meraih tiga penghargaan di ajang GMP Award 2022 kali ini merupakan wujud nyata sekaligus konsistensi dalam memacu diri serta melakukan inovasi secara berkelanjutan, agar dapat menciptakan warisan terbaik dalam segala hal yang kami lakukan. Penghargaan ini kami dedikasikan kepada seluruh karyawan dan mitra bisnis kami yang terus memegang teguh visi AMMAN ini," ucap Rachmat.



Upaya pengelolaan lingkungan merupakan salah satu komitmen AMMAN. Adapun upaya pengelolaan lingkungan yang telah AMMAN lakukan meliputi program reklamasi yang dilakukan paralel dengan kegiatan tambang, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), pemanfaatan air tambang untuk aktivitas pabrik pengolahan, hingga pemanfaatan limbah batu bara fly ash bottom ash (FABA) untuk roadbase hingga 17,000 m3/tahun.

Tak hanya itu, AMMAN juga melakukan pengelolaan lingkungan melampaui kepatuhan yang disyaratkan. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 26,8 MWp, program Perlindungan Mata Air (Permata) di sekitar wilayah Batu Hijau.

Sejak Juni 2022, AMMAN juga meresmikan kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat (DKP-NTB) untuk mengelola wilayah Konservasi Gili Balu seluas 5.846 hektar selama lima tahun kedepan, melalui pemantauan bakau, terumbu karang, penempatan reef ball, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia untuk mendorong potensi ekologi, ekonomi, serta sosial budaya di wilayah Konservasi Gili Balu.

https://money.kompas.com/read/2022/10/01/200000326/kementerian-esdm-apresiasi-perusahaan-yang-terapkan-teknik-pertambangan-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke