Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pedagang Pasar: Pandemi Mered, tapi Kedatangan Pengunjung ke Pasar Masih Belum Membaik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengunjung atau konsumen pasar tradisional masih belum pulih sepenuhnya. Kondisi ini terjadi akibat ketidakstabilan harga-harga barang di pasar.

Termasuk juga dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang belum lama ini ditetapkan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Mujiburrohman mengatakan, kendala yang dihadapi pedagang pasar ini telah dialami selama satu tahun terakhir. Bahkan, jauh sebelum kenaikan harga BBM terjadi, keadaan pasar sudah memprihatinkan.

"Pandemi sudah mereda, tapi kedatangan pengunjung ke pasar masih belum membaik juga. Sekarang pasar sudah sepi mulai dari jam dua, padahal masih banyak barang yang belum habis terjual," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Melihat kondisi yang terjadi, APPSI meminta pemerintah selaku regulator agar dapat menetapkan kebijakan yang tepat agar tidak menekan pedagang pasar, termasuk kebijakan kenaikan cukai rokok yang merugikan pedagang.

"Akan ada dampak yang luar biasa bagi pedagang pasar kalau kebijakannya tidak berpihak pada pedagang. Oleh karena itu, kami meminta pemerintah untuk memperhatikan pedagang pasar dengan mengkaji ulang kebijakan yang akan diterapkan, seperti kebijakan kenaikan cukai rokok," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi APPSI Don Muzakir mengatakan, saat ini pedagang pasar masih berusaha bangkit agar omsetnya kembali pulih setelah pandemi Covid-19.

Namun, apabila pasar masih terus alami penurunan pengunjung sampai tahun depan, banyak pedagang yang dapat mengalami kerugian, bahkan sampai gulung tikar.

"Pembeli adalah sumber pendapatan pedagang pasar. Kalau kondisi masih belum stabil, pasar masih sepi, kami jadi takut menghadapi kondisi selanjutnya akan seperti apa. Apakah kami masih bisa berjualan atau tidak kedepannya," ucapnya.

Menurut catatan APPSI, omset pedagang pasar banyak berasal dari rokok, tetapi kenaikan cukai yang terjadi setiap tahun membuat harga rokok menjadi tidak stabil.

Saat ini APPSI terus menjaring suara para pedagang pasar terkait kenaikan harga bahan pokok, salah satunya melalui petisi online. Petisi ini diharapkan menjadi sarana menyalurkan suara hati pedagang pasar kepada pemerintah.

https://money.kompas.com/read/2022/10/03/144000626/pedagang-pasar-pandemi-mered-tapi-kedatangan-pengunjung-ke-pasar-masih-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke