Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil: Dunia Sedang Menyaksikan Pertarungan Para Pemimpin Negara Atasi Ketidakpastian Ekonomi Global

Menurut Bahlil, kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini patut disyukuri. Sebab, mampu mengantarkan pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik dibandingkan dengan negara-negara G20 lainnya.

"Dunia sedang menyaksikan pertarungan leadership dari masing-masing negara. Karena isunya cuma dua, yaitu pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Semua kepala negara sedang memikirkan bagaimana menyelesaikan pandemi Covid-19 dan pulih pasca-pandemi," ujar Bahlil dalam orasi ilmiah di Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut, Bahlil juga memberikan gambaran besar mengenai ekonomi global dikaitkan dengan ekonomi nasional yang berujung pada strategi pemerintah dalam mendorong penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi industri.

Indonesia, kata dia, telah melakukan perubahan struktural pondasi ekonomi yang sebelumnya mengekspor bahan mentah menjadi ekspor barang jadi dengan adanya penciptaan nilai tambah.

“Saya mau hilirisasi ini terjadi tetapi juga berdampak pada kearifan lokal. Setiap investor yang melakukan hilirisasi wajib hukumnya berkolaborasi dengan pengusaha daerah. Kita dorong kawasan pertumbuhan ekonomi baru, peluang menjadi pengusaha lebih lebar," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Chairman of the Board dan CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson mengatakan, terkait dengan kebijakan hilirisasi industri yang diusung oleh pemerintahan presiden saat ini, PT Freeport Indonesia berkomitmen mendukung program tersebut dengan membangun smelter single line.

Pembangunan smelter ini berlokasi di Kawasan Industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Richard bilang, progres pembangunan smelter telah mencapai 40 persen dan akan beroperasi pada 2024.

"PT FI tidak pernah mengekspor barang mentah. Kami memproduksi konsentrat tembaga yang merupakan produk setengah jadi. Berbeda dengan produk lainnya, untuk tembaga, nikel, dan timah akan memiliki nilai tambah saat dilakukan hilirisasi industri," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/10/06/073800326/bahlil-dunia-sedang-menyaksikan-pertarungan-para-pemimpin-negara-atasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke