Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi 2023 Diprediksi Melambat, Bos LPS Sebut Punya Cara Jitu untuk Mengatasinya

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, Indonesia saat ini sudah menemukan strategi jitu untuk mengantisipasi tekanan dari gejolak eksternal sehingga kondisi perekonomian nasional di 2023 tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

"Kalau saya lihat dari pengalaman kita selama ini dan dari strategi yang sudah kita terapkan selama ini, kita sudah menemukan cara yang jitu untuk menghindari atau meringankan tekanan dari perkembangan dari luar Indonesia. ini kalau saya lihat kita masih bisa akan tumbuh dengan baik tahun depan," ujarnya saat webinar Kiprah LPS dalam Stabilisasi dan Penguatan Sektor Keuangan

Dia juga mengimbau kepada pelaku industri perbankan agar tidak perlu takut dan pesimistis terhadap prospek perekonomian nasional ke depan.

Pasalnya, jika melihat histrorikal siklus bisnis di Indonesia, diperkirakan dunia usaha nasional masih bisa terus berekspansi setidaknya sampai tahun 2028 bahkan sampai 2031 jika strategi yang diambil sangat tepat.

"Siklus bisnis kita itu 7 tahunan, paling pendek. Kita baru resesi tahun 2020 kemarin dan baru mulai keluar 2021, harusnya kita bisa ekspansi terus paling tidakk sampai 2028 nanti paling tidak. kalau kita pintar sedikit bisa 10 tahun," jelasnya.

Oleh karenanya, untuk menghadapi tantangan perekonomian ke depan diperlukan optimalisasi pemanfaatan siklus bisnis yang ada sehingga apapun prospek bisnis ke depan, dunia usaha masih bisa terus bertahan.

"Tinggal pinter-pinternya kita bagaimana kita bisa mengoptimalkan momentum siklus bisnis ke atas yang sedang terjadi. Jadi kita tidak usah khawatir tentang prospek ke depan," tukasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/10/06/134818226/ekonomi-2023-diprediksi-melambat-bos-lps-sebut-punya-cara-jitu-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke