Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nilai Tukar Rupiah di Pasar Spot Menguat Tipis, di Jisdor Malah Terkoreksi

Melansir data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup pada level Rp 15.189 per dollar AS, menguat tipis 0,03 persen. Terpantau sejak pembukaan perdangangan nilai tukar rupiah bergerak fluktuatif.

Namun demikian, mengacu kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor, nilai tukar rupiah justru terkoreksi tipis. Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah Jisdor berada pada level Rp 15.197 per dollar AS, lebih tinggi dari perdagangan kemarin sebesar Rp 15.196 per dollar AS.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, indeks dollar AS sebenarnya menguat. Ini terjadi setelah pejabat bank sentral AS, The Federal Reserve, kembali memberikan sinyal hawkish terhadap kebijakan suku bunga acuan.

Dilansir dari Investing, indeks dollar AS sampai dengan sore hari ini berada pada kisaran 111. Ini menguat sekitar 0,20 persen dari penutupan perdangan kemarin.

"Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan bahwa siklus pengetatan kebijakan AS masih dalam masa-masa awal," ujar Ibrahim, dalam risetnya, Kamis.

Kendati indeks dollar AS menguat, terpantau sejumlah mata uang Asia lain masih menguat terhadap mata uang Negeri Paman Sam.

Dari dalam negeri sendiri, pasar masih mencermati data inflasi RI. Dengan terus meningkatnya inflasi, pasar semakin khawatir akan potensi pengetatan kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) yang lebih agresif ke depan.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah," ucap Ibrahim.

https://money.kompas.com/read/2022/10/06/161449026/nilai-tukar-rupiah-di-pasar-spot-menguat-tipis-di-jisdor-malah-terkoreksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke