Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BLT BBM 2022 Tahap 2 Cair November, Ini Cara Daftar Penerima secara Online

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menyampaikan, mekanisme pembayaran BLT BBM dilakukan dua kali, yaitu tahap pertama sebesar Rp 300.000 pada September lalu dan tahap kedua Rp 300.000 pada November 2022.

"Ini disalurkan dalam bentuk dua bulan sekali, di mana September dan Oktober masing-masing Rp 150.000 dan ini sudah disalurkan sebanyak Rp 300.000 per keluarga. Nanti di November akan disalurkan yang kedua Rp 300.000 lagi," ujar Isa seperti dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Sabtu (1/9/2022).

Pemerintah memberikan bantuan BLT BBM sebesar Rp 150.000 per bulan untuk masing-masing penerima selama empat bulan, dari September hingga Desember 2022. Artinya, penerima manfaat akan memperoleh bantuan dengan total sebesar Rp 600.000.

Seperti diketahui, daftar penerima BLT BBM 2022 mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Adapun untuk bansos BLT BBM tahun ini, terdapat fitur pengusulan penerima manfaat yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Pengusulan penerima BLT BBM 2022 dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Cara daftar penerima bansos BLT BBM Kemensos 2022

Dilansir dari informasi resmi Kemensos, untuk mengakses aplikasi Cek Bansos dibutuhkan akun. Anda yang belum memiliki akun, dapat membuat akun baru dengan klik tombol "Buat Akun".

Anda wajib mengisikan sejumlah informasi sesuai data kependudukan, mengunggah foto KTP, dan akan mendapatkan kode OTP melalui alamat e-mail untuk verifikasi akun.

Adapun langkah-langkah pengusulan penerima bansos BLT BBM 2022 lewat aplikasi Cek Bansos dilakukan dengan cara berikut:

Sebagai informasi, penyaluran bansos BLT BBM diberikan kepada penerima yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Data milik Kemensos ini akan dilakukan perubahan data atau diperbarui setiap bulannya.

Terkait pencairan bantuan BLT BBM tahun ini, penerima dapat mengambilnya melalui kantor pos terdekat dengan membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan.

Untuk informasi lanjut mengenai syarat, dokumen, dan tata cara pencairan BLT BBM 2022 melalui kantor pos dapat diakses di sini.  

https://money.kompas.com/read/2022/10/07/091219526/blt-bbm-2022-tahap-2-cair-november-ini-cara-daftar-penerima-secara-online

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke