Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Langkah Antisipasi Dampak Inflasi Menurut Bank Indonesia

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia (BI), inflasi timbul dikarenakan adanya tekanan dari sisi supply, dari sisi permintaan, dan dari ekspektasi inflasi.

Inflasi juga bisa dipengaruhi faktor yang berasal dari sisi penawaran ataupun yang bersifat kejutan seperti kenaikan harga minyak dunia dan adanya gangguan panen atau banjir.

Meskipun dampak inflasi tak bisa terhindarkan, kita bisa melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasinya. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dampak inflasi pada kehidupan sehari-hari?

Mengantisipasi dampak inflasi

1. Bijak saat berbelanja

Untuk mengantisipasi dampak inflasi, Anda dapat membagi pos kebutuhan dan keinginan. Saat berbelanja, utamakan barang-barang yang memang dibutuhkan dan tidak melakukan panic buying.

2. Memanfaatkan hobi

Anda dapat memperoleh pemasukan tambahan dengan memaksimalkan hobi, sehingga akan memperoleh penghasilan tambahan selain dari pemasukan utama.

Digitalisasi yang terus berkembang bisa dimantfaatkan untuk mendukung ide, kreativitas, maupun jasa, dengan memanfaatkan platform-platform online sebagai tempat berjualan.

3. Dana darurat

Tidak kalah penting untuk menyiapkan dana darurat atau dana khusus. Dana darurat ini dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak maupun tidak terduga.

4. Investasi

Anda dapat melakukan investasi sesuai profil risiko, dengan memilih investasi yang tepat. Inflasi bisa mengurangi nilai riil uang, sehingga pilih investasi yang memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan tingkat inflasi seperti pasar modal dan reksa dana.

Dikarenakan setiap investasi memiliki risiko, maka Anda dapat memperhatikan profil risiko masing-masing dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan.

Inflasi memang berdampak kurang baik terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat, pada pendapatan riil masyarakat, ekspor, minat orang untuk menabung, kalkulasi harga pokok untuk usaha industri dan usaha lainnya, serta kestabilan nilai mata uang.

Pada kondisi tertentu, inflasi akan mendorong para pengusaha untuk memperluas produksi sehingga meningkatkan perekonomian. Namun, inflasi akan berdampak buruk bagi mereka yang berpenghasilan tetap karena nilai uangnya tetap sedangkan harga barang/ jasa naik.

Meskipun terkadang kurang baik, inflasi dibutuhkan dalam perekonomian sebab menunjukkan adanya peningkatan pada perekonomian. Namun nilai inflasi idealnya harus berada pada posisi yang stabil.

https://money.kompas.com/read/2022/10/13/120000326/4-langkah-antisipasi-dampak-inflasi-menurut-bank-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke