Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemprov Sumut Permudah Akses Sambungan Jargas untuk Masyarakat

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah atau Ijeck saat bertemu dengan perwakilan PGN di rumah dinasnya, Sabtu, (15/10/2022).

“PGN tadi menyampaikan ada program jargas untuk masyarakat rumah tangga, untuk Medan, program dari PGN pusat ini ada 17.000. Kami dari Pemprov Sumut menyambut baik ini. Pemerintah Provinsi akan ikut mendukung dan membantu nantinya,” ujar Ijeck, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Ijeck, selain bantuan akses, yang terpenting adalah pemahaman masyarakat mengenai pelayanan jargas PGN yang lebih murah, lebih aman dan lebih banyak keuntungannya daripada gas tabung.

“Saya baru dengar juga malah jaringan pipa ke dalam rumah sepanjang 15 meter gratis dari PGN. Pelayanan ini saya rasa jauh lebih baik, lebih murah. Di rumah sudah pakai, kalau sudah pakai pasti masyarakat tahu bagaimana keuntungannya. Dan kita harap ini terus disosialisasikan,” lanjut Ijeck.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menyampaikan target PGN membangun 400.000 Sambungan jargas Rumah Tangga (SR) pada 2022 dengan skema investasi internal.

Untuk Medan, lanjut Achmad, PGN mengalokasikan jargas sebanyak 17.000 SR. “Dari 17.000 itu, baru 7.0000 yang terealisasi. Masih ada 10.000 lagi dan akan kami kejar terus, mengingat di 2023 nanti akan ada alokasi lagi,” ujar Achmad.

Sebagai tambahan, pembangunan jargas mengadopsi pemanfaatan digitalisasi pada smart meter.

Smart meter adalah unit meteran yang akan menghitung pemakaian gas bumi yang dapat langsung terhubung dengan sistem pembayaran milik perusahaan dan pada pelanggan secara otomatis.

Dengan smart meter, keamanan juga bertambah karena pemakaian gas akan termonitor dan tercatat otomatis. Sehingga, jargas bumi lebih aman dengan fitur pengamanan yang lengkap dan gas bumi mudah terurai di udara.

“PGN akan bersinergi dengan seluruh stakeholder dan dukungan pemerintah pusat maupun daerah siap mengakselesari pemanfaatan jargas sebagai solusi pemenuhan energi yang praktis, aman, nyaman, dan modern bagi masyarakat,” pungkas Achmad.

https://money.kompas.com/read/2022/10/16/173000726/pemprov-sumut-permudah-akses-sambungan-jargas-untuk-masyarakat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke