Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AP I Layani 47 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Penerbangan Baru Triwulan III-2022

Rinciannya dari 47 rute tersebut adalah 1 reaktivasi rute domestik dan 18 pembukaan rute baru domestik serta 26 reaktivasi rute internasional dan 2 pembukaan rute baru internasional.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, selama Juli 2022, terdapat 4 pembukaan rute baru domestik, 10 reaktivasi rute internasional dan 1 pembukaan rute baru internasional.

Sementara itu, pada Agustus, terdapat 2 pembukaan rute baru domestik dan 8 reaktivasi rute internasional. Sedangkan pada September, terdapat 1 reaktivasi rute domestik, 12 pembukaan rute baru domestik, 8 reaktivasi rute internasional dan 1 pembukaan rute baru internasional.

"Untuk periode triwulan ketiga tahun ini, kami kembali mencatat pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara-bandara kami, baik itu melalui reaktivasi rute domestik dan internasional, maupun pembukaan rute baru domestik dan internasional. Pada periode tersebut, bulan September tercatat menjadi bulan dengan penambahan rute terbanyak yaitu dengan total 22 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Kemudian, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 2 rute domestik, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan 1 rute domestik, Bandara Internasional Lombok dengan 1 rute Domestik, serta Bandara Syamsudin Noor dengan 1 rute domestik.


Rincian maskapai

Ia melanjutkan, untuk rute domestik, rincian maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru di antaranya yaitu, Super Air Jet dengan 10 pembukaan rute baru, Indonesia AirAsia dengan 5 pembukaan rute baru, Lion Air dengan 2 pembukaan rute baru, dan Batik Air dengan 1 reaktivasi rute dan 1 pembukaan rute baru.

Sedangkan untuk rute internasional yaitu, Indonesia AirAsia dengan 5 reaktivasi rute, Jetstar dengan 4 reaktivasi rute, Lion Air dengan 4 reaktivasi rute, Batik Air dengan 2 pembukaan rute baru.

Selanjutnya, AirAsia, Garuda Indonesia, Vietjet Air, Philippine Airlines, Korean Air, Philippine AirAsia, Thai AirAsia, Emirates, Sriwijaya Air, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, China Airlines, dan Batik Air Malaysia yang masing-masing melakukan 1 reaktivasi rute internasional.

"Dengan penambahan 47 rute di bulan Juli hingga September tersebut, secara total Angkasa Pura I telah melayani sebanyak 144 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru sepanjang bulan Januari hingga September 2022. Jika dirinci lagi, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute dan 36 pembukaan rute domestik, serta 96 reaktivasi dan 2 pembukaan rute internasional," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/17/190000726/ap-i-layani-47-reaktivasi-dan-pembukaan-rute-penerbangan-baru-triwulan-iii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke