Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei BI: Kredit Korporasi Masih Tumbuh di September 2022

Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan, permintaan pembiayaan baru korporasi pada September 2022 terindikasi tumbuh positif yang tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 18,4 persen, lebih tinggi dari SBT Juni 2022 yang hanya 17,9 persen.

Asal tahu saja, SBT merupakan jawaban responden survei BI dikalikan dengan bobot kreditnya, selanjutnya dihitung selisih antara persentase responden yang memberikan jawaban meningkat dan menurun.

"Permintaan pembiayaan korporasi pada September 2022 terindikasi meningkat," ujar Junanto, dalam keterangannya Selasa (18/10/2022).

Tak hanya itu, penyaluran kredit baru oleh perbankan pada September 2022 juga terindikasi tumbuh positif meski melambat dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 56,8 persen.

Adapun faktor utama yang memengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut, yaitu prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta permintaan pembiayaan dari nasabah.

Lebih lanjut survei tersebut juga memproyeksikan, untuk keseluruhan periode kuartal III-2022 penawaran penyaluran kredit baru tumbuh lebih lambat dibanding kuartal II-2022.

Sejalan dengan itu, di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi tumbuh pada September 2022. Tercatat mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna.

"Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing," ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2022/10/18/143500926/survei-bi--kredit-korporasi-masih-tumbuh-di-september-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke