Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir dan Heru Budi Bakal Sinergikan MRT, LRT, hingga Kereta Cepat

Erick bilang, sinergi transportasi umum di DKI Jakarta mencakup MRT, LRT, Commuter Line, Kereta Bandara, dan Kereta Cepat. Sinergi pada transportasi umum di DKI Jakarta ini, juga dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar transportasi umum di DKI bisa maksimal.

“LRT, MRT, Commuter Line, Kereta Cepat, dan Kereta Bandara ini akan menjadi satu kesatuan nanti. Inilah sinergi yang akan kita akan dorong sama-sama. Semualah yang sudah dibangun jadi satu kesatuan, supaya sistemnya sama,” kata Erick di Kantornya, Rabu (19/10/2022).

Erick berharap sinergi transportasi umum di DKI bisa meningkatkan kerja sama antara pemerintah DKI dan Pemerintah Pusat. Di sisi lain, ia mengatakan tidak mungkin mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, jika integrasi antar moda transportasi tidak bersinergi.

“Besok pak Heru akan ke Kemenhub, dan kita akan sinergikan pelayanan transportasi publik secara maksimal. Tidak mungkin, mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum, tapi kereta api dan lainnya tidak menjadi pilihan utama,” jelasnya.

Erick mengungkapkan, dengan sinergi transportasi ini, maka penggabungan aset antara BUMN dan Pemda DKI akan semakin besar. Dengan begitu, dapat mendukung UMKM yang berjumlah 65,4 juta, dan 97 persen membuka lapangan pekerjaan.

“Sepekan setelah menjabat, saya datang ke kantor Gubernur DKI Jakarta. Sesuai dengan arahan Presiden untuk mensinergikan transportasi yang dimiliki BUMN dan Pemda DKI. Saya berkomitmen dengan diskusi kita tadi dalam satu jam lebih. Bagaimana kita akan mempercepat, agar pelayanan bisa maksimal, bukan mencari perbedaan,” kata dia.

Sementara itu, Heru mengungkapkan, pihaknya juga akan mendukung instruksi Presiden Jokowi untuk mensinergikan transportasi di DKI Jakarta. Selanjutnya, Heru akan mendalami serta mengkaji rencana-rencana tersebut.

“Kami bisa lakukan percepatan transportasi publik. Kami di Pemda DKI Jakarta akan mempercepat (sinegi) transportasi umum. Ada tahapannya, kami akan detailkan nanti, dan akan kami dalami lagi,” ujar Heru.

https://money.kompas.com/read/2022/10/19/122758126/erick-thohir-dan-heru-budi-bakal-sinergikan-mrt-lrt-hingga-kereta-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke